Awas Tertipu! Begini Cara Bedakan Oli Mobil Asli atau Palsu

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 87 2441631 awas-tertipu-begini-cara-bedakan-oli-mobil-asli-atau-palsu-uJ9FedPhaB.JPG Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

OLI merupakan cairan penting untuk kendaraan yang berfungsi untuk melumasi semua komponen mesin mobil. Pastikan Anda selalu peduli pada kendaraan dengan rutin mengganti oli mesin.

Namun, dalam mengganti oli, Anda mesti hati-hati, saat ini tak sedikit oknum nakal yang kerap memanfaatkan keadaan dengan memproduksi oli palsu dan memasarkannya.

Maraknya kasus pemalsuan oli yang beredar luas di pasaran jelas menimbulkan keresahan di masyarakat, khususnya bagi mereka pemilik kendaraan. Nah, sebaiknya Anda lebih teliti mengamati dan bisa membedakan mana oli asli maupun oli palsu.

Berikut cara membedakan oli mobil asli atau palsu sebagaimana dilansir Okezone dari laman resmi Suzuki Trada, Jumat (16/7/2021)

Perhatikan kemasan oli

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan memerhatikan kondisi fisik oli mesin yang akan dibeli. Pastikan kemasan oli mesin dalam kondisi baru.

Baca juga: 7 Tanda Oli Mobil Kekurangan Volume dan Efeknya

Hal itu disebabkan karena produsen oli palsu kebanyakan menggunakan botol bekas untuk tidak mengeluarkan biaya ekstra dalam mencetak botol baru. Pabrikan oli asli tidak akan memproduksi botol daur ulang atau yang sudah usang.

Lihat kode dan nomor produksi

Langkah kedua Anda bisa periksa kode produksi dalam botol oli mesin. Setiap pabrikan pasti memiliki kode atau nomor identifikasi yang didesain pada dua tempat yang berbeda, yaitu terletak pada tutup botol dan kedua pada botol oli. Cocokkan kode atau nomor produksi pada kemasan oli tersebut. Jika ada perbedaan satu angka saja dapat dipastikan Anda membeli oli palsu.

Perhatikan label botol oli

Langkah ketiga, Anda dapat memerhatikan kondisi label tutup botol oli tersebut. Biasanya pabrikan memiliki desain hologram khusus sebagai bentuk keaslian olinya. Namun sayangnya, oknum nakal saat ini sudah memiliki keterampilan yang tinggi dalam menyerupai label botol tersebut.

Meski begitu, Anda bisa juga membedakan mana oli asli dan yang palsu dengan teliti. Terlihat dari logo warna kemasan yang biasanya menggunakan digital printing kualitas rendah yang memberikan warna kusam yang akan menambah rasa kecurigaan Anda dalam membeli oli tersebut.

Teknologi barcode pada tutup botol

Ini merupakan teknologi baru yang mulai disematkan pada produsen oli berbagai merk. Cara ini diterapkan untuk menyulitkan sekaligus meminimalisir oknum nakal dalam memalsukan oli. Saat ini, teknologi tersebut dinilai efektif dan memudahkan masyarakat pengguna kendaraan dalam membeli oli.

Caranya dengan men-scan barcode atau memasukkan kode ke dalam wabsite resmi. Jika ditemukan simbol ceklis itu merupakan tanda bahwa oli tersebut asli dan aman digunakan. Teknik tersebut hanya bisa digunakan sekali saja untuk menghindari pemalsuan.

Mencium bau oli dan lihat warnanya

Oli memiliki ciri khas dengan tidak berbau dan berwarna bening. Sementara oli palsu akan terlihat berwarna lebih keruh dan biasanya berbau gosong.

Anda tentu cepat membedakan dan terlihat jelas produksi oli asli buatan pabrik dengan oli olahan tangan manusia dengan segala keterbatasan alat dan keuangan demi meraup untung besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini