Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 5 Cara Mendempul Mobil yang Penyok

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Sabtu 24 Juli 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 87 2445326 bisa-dilakukan-di-rumah-kenali-5-cara-mendempul-mobil-yang-penyok-Xkq88zjTly.jpg Ilustrasi merawat mobil (Pennexxon)

SAAT berkendara terkadang ada saja kejadian yang menyebabkan penyok bodi mobil. Tak jarang juga karena penggunaan yang terus menerus sehingga mengakibatkan bodi mobil keropos.

Jika memiliki bagian bodi yang penyok atau keropos, jangan khawatir. Anda bisa mendempul mobil sendiri di rumah dengan menggunakan alat dan bahan yang sesuai.

Mendempul mobil sendiri berguna untuk menghemat sejumlah uang daripada pergi ke bengkel.

Baca juga:  Yuk, Kenali 5 Bagian Penting pada Pintu Mobil

Perlu dicatat ya, mendempul mobil baru langkah pertama untuk menghasilkan mobil yang kinclong. Setelah mendempul, pemilik mobil juga harus mengecat bagian mobil tersebut agar menghasilkan warna yang rata.

Namun, proses pendempulan mobil ini sangat berguna untuk meratakan bodi yang penyok.

Dilansir dari Auto2000, berikut ini langkah-langkah-langkah mendempul bodi mobil.

1. Persiapan

Sebelum mendempul, Anda wajib menyiapkan beberapa alat dan bahan, serta memperlengkapi diri dengan masker dan sarung tangan. Selain itu, tentukan juga jenis dempul yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Biasanya, dempul sudah dilengkapi dengan pengeras dempul.

Selain itu, siapkan juga kertas amplas besi, kain atau lap microfiber untuk lap, thinner, dan cat dasar. Thinner ini sangat diperlukan untuk mencairkan campuran zat perekat dan pewarna yang padat. Sedangkan dasar umumnya menggunakan dua warna, yaitu abu-abu dan merah.

2. Mencampur dempul

Dempul yang dicampurkan baru bisa digunakan setelah 25 menit. Oleh karena itu, lebih baik Anda mencampur dempul terlebih dahulu sebelum fokus ke mobil.

Baca juga:  Jangan Mencuci Mobil dengan Sabun Colek, Ini Alasannya

Pencampuran dempul dilakukan di atas tatakan yang rata, jadi carilah tatakan yang cocok untuk meletakkan dempul. Kemudian, dempul dan pengeras dicampur sehingga warnanya berubah menjadi kuning atau hijau.

3. Bersihkan bagian permukaan mobil

Mobil yang hendak didempul harus bersih dari kotoran atau karat. Bersihkan bodi mobil yang kotor dengan menggunakan body part fiber dan kertas amplas halus.

Kertas amplas digunakan untuk membersihkan mobil dari karat, sedangkan kotoran debu bisa dibersihkan hanya dengan kain microfiber. Jika ada bagian mobil yang penyok, ratakan dulu dengan hammer atau dolly, kemudian bersihkan hingga merata.

4. Mulai mendempul

 

Sebelum mengoleskan dempul, Anda harus mengaplikasikan campuran cat basic dan thinner terlebih dahulu. Perbandingan yang digunakan untuk campuran cat basic dan thinner adalah 1:1. Setelah mencampurnya, mulailah mengecat bagian yang ingin didempul.

Setelah proses pengecatan, barulah mengoleskan dempul ke bagian yang penyok atau keropos. Pendempulan harus dilakukan secara tipis-tipis dan bertahap dan pastikan agar hasil dempul merata. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran saat mendempul mobil.

 Ilustrasi

5. Mengeringkan dempul

Setelah selesai mengaplikasikan dempul, tunggulah hingga mengering. Ratakan lagi bagian yang didempul tersebut dengan menggunakan kertas amplas hingga mencapai hasil yang diinginkan.

Bila belum rata, Anda bisa mengoleskan dempul lagi, terus biarkan hingga kering dan ratakan dengan kertas amplas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini