5 Cara Benar Mencuci Mobil untuk Cegah Kuman dan COVID-19

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 87 2446820 5-cara-benar-mencuci-mobil-untuk-cegah-kuman-dan-covid-19-omx5S0ZTym.jpg ilustrasi membersihkan mobil (Icebergwindows)

SELAMA PPKM, aktivitas masyarakat tentu saja terbatas, sehingga mobil pribadi jadi jarang digunakan. Agar tetap prima dan bodi tetap mulus, maka dibutuhkan perawatan rutin termasuk dengan mencuci jika terlihat kotor.

Membersihakan interior dan eksterior mobil juga penting mengingat beberapa bagian dari mobil rentan terpapar COVID-19.

Baca juga: Jangan Mencuci Mobil dengan Sabun Colek, Ini Alasannya

Nah, berikut cara mencuci mobil yang benar untuk mencegah kuman atau virus menempel seperti dilansir dari laman resmi Auto2000 :

1. Memakai sarung tangan sekali pakai

Dalam melakukan pembersihan mobil secara menyeluruh, ada baiknya gunakan sarung tangan untuk memastikan tangan Anda tetap bersih sekaligus mencegah penyebaran virus secara langsung.

Bersihkan sampah dan sisa-sisam makanan serta seluruh kotoran khususnya pada bagian dalam interior mobil.

2. Bersihkan dengan menggunakan sabun

Lakukan pembersihkan pada exterior mobil secara menyeluruh dengan menggunakan sabun. Sebagai perhatian, gunakanlah sabun yang mengandung Ph khusus yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Baca juga: Pentingnya Membersihkan Mobil Setelah Lintasi Genangan Air

Hal tersebut astinya untuk menjaga keawetan cat pada body mobil Anda. Setelah berish lap dengan kain bersih untuk mengeringkan sisa sisa air.

3. Semprotkan desinfektan

Untuk mencegah kuman yang masih bersarang khususnya pada interior mobil Anda, bersihkan dengan menyemprotkan cairan desinfektan pada sisi mobil yang sering terkena sentuhan, seperti jok, doortrim, hendle pintu, steer, seluruh tombol panel pada dashboard, tombol power window.

4. Lakukan Fogging

Lakukan penyemprotan fogging secara berkala untuk membasmi kuman dan virus secara menyeluruh. Hal ini memastikan bahwa mobil Anda bersih, kinclong dan bebas kuman dan virus.

Tidak hanya itu saja, menyemprotkan fogging kedalam kabin kendaraan Anda akan memperbaiki sirkulasi kabin kendaraan semakin sejuk, bersih dan sehat.

 Ilustrasi

5. Cuci tangan sehabis mencuci

Setelah memastikan semuanya selesai, sebelum memasuki rumah baiknya Anda membuang sarung tangan dan mulai mencuci tangan sampai bersih.

Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kebersihan saat akan hendak memasuki rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini