4 Cara Mudah Menghilangkan Noda Aspal Membandel pada Bodi Mobil

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 87 2447117 4-cara-mudah-menghilangkan-noda-aspal-membandel-pada-bodi-mobil-ol8OpxPOLX.jpg Ilustrasi merawat mobil (Pennexxon)

PERNAHKAN bodi mobil Anda terdapat banyak noda aspal yang sulit dibersihkan? Jika iya segera bersihkan agar cat bodi mobil tetap kinclong dan bersinar kembali.

Namun, noda aspal yang menempel cukup lama pada bodi kendaraan nyatanya sulit dibersihkan dengan cara mencuci konvensional saja. Anda butuh meluangkan waktu lebih untuk membersihkannya.

Baca juga: Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 5 Cara Mendempul Mobil yang Penyok

Melansir dari laman resmi Auto2000, berikut cara menghilangkan noda aspal pada bodi mobil:

1. Cuci menggunakan sabun secara menyeluruh

Step pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara mencuci bersih bodi kendaraan secara menyeluruh dengan menggunakan sabun.

Jangan asal memilih sabun, gunakan sabun khusus yang direkomendasi oleh pabrikan supaya kotoran dapat mudah terangkat dan memberikan warna kilap lebih pada mobil Anda. Setelah itu keringkan sampai bodi benar-benar kering.

Ilustrasi

2. Gunakan cairan yang mengandung penetran

Step kedua, Anda bisa lakukan dengan menemprotkan cairan pelumas khusus pada body yang terdapat noda aspal.

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Bagian Penting pada Pintu Mobil

Gunakan carian yang mengandung penetren yang berfungsi melumasi, menghilangkan karat dan juga mampu menghilangkan noda aspal pada bodi mobil Anda.

3. Bersihkan noda aspal dengan lembut

Step ketiga, Anda lakukan cara kedua secara berulang-ulang. Untuk hasil maksimal bersihkan noda aspal dengan kain microfiber yang lembut. Gosokan secara pelan-pelan dan hindari untuk menekan atau mengcongkel noda aspal dengan tangan ataupun kuku.

Alih-alih lebih mudah membersihkan, namun yang terjadi dapat membuat cat terkelupas dan tentunya akan sangat menggangu pandangan tampilan mobil Anda.

4. Gunakan Tar Remover

Berikut ini merupakan step terakhir yaitu dengan membersihkan dengan menggunakan Tar Remover. Alat ini merupakan cairan khusus yang berfungsi untuk menghilangkan noda membandel seperti kotoran burung, getah pohon, noda oli, lem bekas stiker dan juga noda aspal pada bodi mobil Anda.

Bersihkan dengan menggunakan kain lembut dan sabun cuci mobil.

Ilustrasi

Jadi cara penggunaanya cukup semprotkan Tar remover ke noda yang sulit dibersihkan, lalu menggosokannya dengan menggunakan kain lembut, setelah noda hilang dan cat kembali mengkilap maka Anda bisa cuci bagian itu dengan mengguakan sabun khusus mobil.

Hal itu dilakukan guna menghilangkan senyawa keras yang terdapat pada tar remover dan membantu mengkilapkan kembali bodi mobil Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini