Agar Dapat Lebih Murah, Ini 8 Tips Menawar Harga Mobil Bekas

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 87 2447748 agar-dapat-lebih-murah-ini-8-tips-menawar-harga-mobil-bekas-N2Q388qdPo.jpg Ilustrasi (Okezone)

MOBIL bekas masih jadi primadona bagi banyak orang yang ingin memiliki kendaraan dengan harga murah. Nah, saat membeli mobil seken, jangan lupa untuk menawarkan harganya, sehingga sang penjual mau melepasnya dengan lebih murah lagi.

Cara menawar mobil bekas merupakan satu hal yang perlu diperhatikan agar dapat harga termurah. Biasanya, mobil yang dijual dalam keadaan bekas pasti memiliki beberapa kelemahan.

Tidak ada jumlah tertentu yang dapat menjadi patokan negosiasikan untuk mobil bekas. Setiap kendaraan bekas berbeda dan harga akan bisa dipengaruhi banyak faktor.

Baca juga:  Jangan Terkecoh Harga Murah, Ini 8 Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas

Dilansir dari laman Auto2000, Kamis (29/7/2021), ada beberapa tips dan cara menawar mobil yang bisa kamu coba saat berhadapan dengan penjual.

1. Lakukan riset

 

Penting sekali untuk mendapatkan mobil yang bagus dengan harga yang wajar. Langkah pertama untuk melakukannya adalah memahami berapa nilainya.

 Ilustrasi

Mulailah dengan mengetahui harga dari kendaraan sejenis dijual di daerah kamu tinggal. Sehingga nantinya dapat membuat keputusan yang tepat tentang kendaraan yang diminati.

2. Pertimbangkan faktor lain

 

Ada beberapa hal lain yang dapat mempengaruhi harga jual mobil seperti warna, keausan pada interior, jumlah pemilik sebelumnya, perpanjangan garansi, dan berbagai macam hal lainnya.

Baca juga:  5 Cara Aman Membeli Mobil Bekas untuk Pemakaian Sehari-hari

Gunakan ini sebagai faktor sebagai peluang untuk menegosiasikan harga mobil bekas.

3. Bawa mobil untuk pemeriksaan sebelum pembelian

Temukan mekanik berlisensi dan profesional untuk memeriksa kendaraan secara mendetail. Sehingga kamu bisa menegosiasikan harga dengan lebih tepat.

 

4. Ingat pajak penjualan

Jika hendak membeli kendaraan secara pribadi, ingatlah bahwa ketika mendaftarkan kendaraan tersebut, kamu harus membayar pajak penjualan atas harga yang dibayarkan untuk kendaraan tersebut.

5. Ketahui harga maksimal

 

Sebelum memulai proses negosiasi, tentukan berapa harga tertinggi yang siap dibayarkan untuk kendaraan tersebut.

6. Hargai penjual

 

Jangan memberikan penawaran yang jauh di bawah harga yang diminta penjual. Hal ini akan terkesan seperti menghina mereka. Bisa saja mereka tidak ingin melanjutkan negosiasi lebih jauh.

7. Jangan terburu-buru mengambil keputusan

Jika penjual membuat penawaran balasan dan masih ingin memikirkannya, maka lakukanlah. Beritahu penjual bahwa tidak ingin buru-buru mengambil keputusan.

 Ilustrasi

Tapi kamu harus siap jika penjual memiliki pembeli potensial lain, sebab bisa saja kehilangan mobil yang diinginkan.

8. Jangan ragu dan bersiaplah untuk pergi

Ada banyak pilihan di luar sana ketika datang untuk membeli mobil bekas. Jangan terlalu terikat dengan kendaraan yang pertama kali dilihat. Apalagi jika tidak ada kesepakatan yang bisa dicapai. Setiap kali memasuki situasi negosiasi, maka bersiaplah untuk pergi jika tidak ada kesepakatan yang tercapai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini