6 Tips Aman Kendarai Motor agar Terhindar dari Virus Corona

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 87 2448836 6-tips-aman-kendarai-motor-agar-terhindar-dari-virus-corona-vSjXAfZWtk.JPG Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

TINGGINYA angka penularan dan kematian akibat paparan Covid-19, membuat masyarakat khawatir terhadap virus mematikan tersebut.

Manusia dituntut mengubah kebiasaan lama dengan cara baru yang lebih memerhatikan aspek higienitas agar tidak mudah tertular virus. Pemerintah menyarankan untuk tetap beraktivitas di rumah saja demi memutus rantai penularan.

Namun jika sangat terpaksa harus keluar rumah terlebih dengan menggunakan sepeda motor, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan agar tetap aman dan tercegah dari penularan Covid-19. Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari laman resmi Astra Motor.

Pakai masker dua lapis

Cara ini merupakan penerapan utama dalam mencegah penularan virus corona yaitu dengan mengikuti anjuran pemerintah dengan memakai masker dua lapis. Memakai masker juga dapat melindungi Anda dari debu, kotoran yang terhirup oleh organ pernapasan Anda.

Baca juga: Cegah Kerusakan, Hindari 5 Hal Ini saat Mencuci Motor

Bawa hand sanitizer

Langkah kedua yang harus Anda persiapkan adalah selalu membawa hand sanitizer ke manapun Anda berpergian. Hal ini akan memastikan tangan Anda untuk selalu terjaga kebersihanya.

Jika tangan Anda menyentuh barang yang tidak dikenal dan bahkan yang bukan milik Anda maka bisa gunakan hand sanitizer untuk membunuh kuman yang menempel di tangan.

Gunakan sarung tangan bersih

Ada baiknya ketika berpergian menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan menyentuh langsung pada objek barang yang diendapi kuman. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan bersih untuk memastikan pola kebersihan Anda tetap terjaga. Virus akan menyebar dan hingga pada sautu tempat yang tidak terjaga kebersihannya.

Usahakan mengendarai motor sendiri

Hal ini berguna untuk mencegah penularan yang diakibatkan oleh sentuhan. Sebab, kuman tersebut tentu dapat berpidah dengan mudah kepada Anda.

Hal ini juga melanggar aturan pemerintah tentang pentingnya menjaga jaga jarak atau social distancing yang bertujuan untuk mencegah risiko tinggi penularan dan terpapar virus corona yang membahayakan.

Mencuci tangan usai berkendara

Setelah beraktivitas di luar, sebaiknya Anda langsung mencuci tangan sebelum memasuki rumah. Meskipun selama perjalanan Anda memakai masker atau hand sanitizer serta sarung tangan, tetap saja harus mematuhi protokol kesehatan sebagai bentuk antisipasi atau pencegahan paparan virus. Tujuan disiplin prokes sendiri ialah semata-mata demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Rajin mencuci motor

Hal selanjutnya adalah rajin mencuci 'kuda besi' Anda. Hal itu tak hanya membuat motor Anda bersih, kinclong dan mengkilau saja, akan tetapi juga menjaga kebersihan dari kuman dan virus yang menempel khususnya pada jok, stang, handle gas dan tombol pada instrumen motor Anda.

Bisa saja terdapat virus yang menempel juga Anda malas mencuci bersih motor Anda. Baiknya mencuci motor menggunakan sabun antiseptic agar kuman, bakteri maupun virus lenyap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini