Toyota Hadirkan Kembali Corolla DX Kotak dengan Tampang Modern

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 52 2449625 toyota-hadirkan-kembali-corolla-dx-kotak-dengan-tampang-modern-4ThrWYOJnE.jpg Toyota Corolla E70 GR (topgear.com)

PRODUSEN mobil asal Jepang, Toyota menghadirkan kembali mobil Corrola DX (E70) yang pernah populer di era 80-an. Mobil dengan kapasitas mesin 1.6 liter 1600GT yang ditenagai mesin delapan katup 2T-GEU DOHC memuntahkan tenaga hingga 107hp merupakan mobil yang digunakan sebagai mobil relly dan drifting

Mengingat aura popularitas dan sejarahnya yang kental maka dari itu mobil ini di diluncurkan dan dipamerkan kembali dalam versi lebih modern.

Baca juga: Toyota Masih Jadi Produsen Mobil Terlaris di Dunia, VW Posisi Kedua

Seperti dilansir dari Top Gear, Senin (2/8/2021), mobil legendaris ini diluncurkan kembali dengan nama Corolla E70 model GR

Dimensi sedan ikonik ini lebih besar dari versi di tahun 80an, berukuran panjang 4.400mm, lebar 1.752mm, dan tinggi 1.394mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.641mm.

Desain mobil terlihat lebih modern serta masih mempertahankan ciri- ciri penganut tampilan kotak dan dibalut dengan Velg standar menggunakan velg 17 inci dengan ban 215/45 R17.

Secara keseluruhan melihat segi exterior dari mobil ini terasa retro dengan perpaduan klasik dan modern pada model GR ini. Tampilan lampu depan berbentuk bulat melingkar dengan LED quad dan DRL, lipatan tengah pada kap mesin adalah elemen penataan lain dari model aslinya.

Baca juga: Tampang Generasi Baru Toyota Corolla Ciamik, Penantang Serius Civic

Beralih ke samping, terdapat lengkungan roda yang menonjol dan bagian bodi bawah yang miring ke dalam adalah beberapa ciri khas OG E70. Pilar A mendapatkan sentuhan modern dengan diwarnai hitam mengkilap.

Model seperempat jendela pada kaca pintu baris kedua adalah salah satu isyarat gaya dari E70 klasik, sedangkan panel hitam mengkilap pada pilar C menggantikan ventilasi pada model aslinya. Berpindah ke belakang, mobil ini juga menggunakan LED persegi panjang besar.

Penambahan teknologi modern pada sedan iknonik ini yaitu memakai platform TNGA dengan berpenggerak RWD (Rear Whell Drive).

Untuk bagian sektor kaki-kaki mobil ini memakai fitur struts MacPherson independen di depan dan multilink independen yang dapat diatur di bagian belakang.

Mobil rakitan asal Jepang ini mendapatkan dua varian opsi mesin, diantaranya: mesin berbasis M20A-FKS dengan tenaga 2.000 cc naturally aspirated yang disetel Gazoo Racing yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 195hp dan Torsi maksimum pada 210Nm.

Ilustrasi

Selanjunya ada mesin 2.500cc berbasis A25A-FKS naturally aspirated yang disetel Gazoo Racing dengan tenaga 227hp dan torsi 252Nm.

Kedua mesin dipasangkan dengan transmisi manual enam percepatan dan otomatis girboks enam percepatan dengan paddle shifter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini