Mobil Mati Mendadak saat Dikendarai, Kenali 6 Faktor Penyebabnya

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 31 Agustus 2021 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 52 2463919 mobil-mati-mendadak-saat-dikendarai-kenali-6-faktor-penyebabnya-aNYtHaOe9I.jpg Ilustrasi mobil mogok (Pixabay.com)

MENGENDARAI mobil yang secara tiba-tiba mengalami kendala lalu mati mendadak tentu akan sangat merepotkan, bahkan membuat Anda panik. Pasalnya terkadang mobil tidak mengalami munculnya gejala-gejala awal sebelum pada akhirnya mati dan mogok.

Umumnya mobil mati secara tiba-tiba karena kehabisan bahan bakar. Akan tetapi ternyata bahan bakar masih tersedia dalam tangki dan mobil tidak menyala ketika di starter. Ini akan menjadi sebuah persoalan karena mobil Anda mengalami masalah dan kerusakan serta mesti dilakukan perbaikan.

Baca juga: 8 Mobil Paling Irit Bahan Bakar di Indonesia, yang Mana Kesukaanmu?

Memang solusi terbaik saat mobil mengalami kendala adalah dengan membawa ke bengkel untuk melakukan perbaikan. Namun Anda mesti tahu dan kenali penyebab kerusakan mobil Anda.

Hal itu dilakukan supaya biaya perbaikan yang Anda keluarkan tidak membengkak serta Anda tidak mudah tertipu oleh pihak bengkel untuk mengganti part yang seharusnya tidak perlu dilakukan penggantian.

Dirangkum dari Auto2000, berikut penyebab mobil mati mendadak :

1. Mesin mengalami overheat

Ini menjadi salah satu penyebab yang banyak ditemukan pada kendaraan yang mati secara tiba-tiba. Umunya disebabkan karena sistem pendingin radiator rusak atau bermasalah hingga pada akhirnya mesin mobil terlalu panas lalu mati.

Terdapat banyak faktor penyebab mobil overheat salah satunya terjadi karena air radiator habis, terjadi kebocoran pada selang maupun radiator tersebut, tutup radiator rusak, extrafan mati dll. Kendala ini bisa terjadi karena pemilik kendaraan malas untuk mengecek kondisi radiator.

2. sistem starter mengalami kendala

Penyebab selanjutnya yaitu sistem starter yang mengalami masalah. Hal itu disebabkan karena umur pakai yang sudah terlalu lama dan mengalami penurunan kualitas.

Baca juga: Ternyata Begini Lho Fungsi dan Cara Kerja Immobilizer pada Mobil

Penyebab yang sering dialami yaitu matinya mesin secara tiba-tiba saat posisi kontak on. Itu bisa terjadi karena terjadi komponen sistem bahan bakar yang terganggu sehingga tidak singkron dan dapat menyebabkan mogok.

3. Kehabisan bahan bakar

Ini sudah menjadi penyabab umum yang sering di temui. Hal tersebut terjadi karena pengemudi lalai untuk mengisi bahan bakar atau indikator bensin pada panel instrumen sudah rusak pada kendaraannya, sehingga pemilik mendapatkan informasi bahan bakar real time yang salah hingga dampak yang ditimbulkan adalah bensin dalam tangki habis sehingga tidak mampu menggerakan mesin mobil.

4. Alternator mengalami kendala

Penyebab selanjutnya yaitu alternator mobil yang mengalami kendala. Pasalnya alternator berfungsi sebagai suplai arus listrik ke aki.

Bila komponen tersebut mengalami masalah maka aki tidak mendapat suplai listrik yang maksimal, selanjutnya aki mobil tidak bisa menyuplai kebutuhan tenaga listrik mobil saat mesin hidup. Jika alternator rusak maka biaya perbaikan komponen tersebut cukup mengocek biaya yang lumayan mahal.

Ilustrasi

5. Masalah pada pengapian

Penyebab utamanya biasanya terjadi kelemahan pada sistem mengapian seperti koil atau pun busi. Part ini juga terdapat umur pakai, jika di dapati masalah terjadi pada koil dan busi maka segera mengganti dengan komponen yang baru untuk membuat mesin mobil menjadi normal kembali

6. Saluran udara bermasalah

Hal ini juga dapat menjadi faktor krusial timbul nya gejala mobil mati mendadak karena tersumbatnya saluran udara dalam ruang bakar. Biasanya terjadi pada filter udara yang kotor, selang filter dan box air filter yang mengalami kerusakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini