Motor Terbang Segera Hadir di Dunia, Begini Bentuk dan Spesifikasinya

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 06 September 2021 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 53 2467050 motor-terbang-segera-hadir-di-dunia-begini-bentuk-dan-spesifikasinya-oPunVe6GLX.jpg Motor terbang yang akan diproduksi oleh Jetpack Aviation (Foto Jetpack Aviation)

JETPACK Aviation, sebuah perusahaan di Los Angeles, California, Amerika Serikat yang fokus pada industri penerbangan, kini sedang mewujudkan cita-cita menghadirkan sepeda motor terbang pertama di dunia.

Pada 2019, Jetpack Aviation mulai memamerkan sebuah prototype rendering sepeda motor terbang pertama di dunia. Sepeda motor tersebut nantinya akan dinamakan Speeder.

Baca juga: Sepeda Motor Terbang Akan Ramaikan Pameran Tokyo Motor Show 2019

Dilansir dari Jalopnik, Senin (6/9/2021), Jetpack Aviation akan membuat itu semua menjadi nyata dengan cara menghadirkan motor terbang ke publik dan memasarkannya secara komersial pada 2023.

Saat ini, mereka dalam tahap perancangan Speeder. Hal ini di pikirkan dan disusun secara matang supaya motor terbang tersebut dapat dipakai dengan aman dan nyaman.

Tentunya dengan beberapa pengembangan teknologi dan inovasi seperti pembuatan chip atau software perangkat lunak untuk mendapatkan tingkat keamanan dan kestabilan bermanuver di atas roda dua.

Selain itu unit sepeda motor terbang ini juga dilakukan beberapa serangkaian pengujinn seperti lepas landas, berputar dan memastika semuanya tetap aman sehingga tidak berbahaya bagi pengendara.

Baca juga: Taksi Terbang Ehang Segera Beroperasi di Indonesia, Intip 5 Fitur Kemanannya

Nantinya perusahaan JetPack Aviation akan menghadirkan dua varian sepeda motor terbang, diantaranya dalam versi sipil dan juga operator kargo militer. Untuk varian sipil dibagi menjad dua pilihan yaitu Versi Ultralight (UVS) dan versi eksperimental Version.

Perbedaan yang mendasar bahwa Versi Ultralight (UVS) tidak memerlukan lisensi pilot untuk beroperasi dan terdapat limit batas kecepatan hanya dapat terbang dengan ketinggian 15.000 kaki dengan kecepatan maxinal 100 km/jam.

Sementara untuk versi eksperimental, pemilik motor terbang wajib memerlukan lisensi FAA dan sepeda motor mampu menempuh kecepatan hingga 240km/ jam dalam waktu terbang sekiar 35menit .

Menurut pihak industri industri penerbangan ini, Motor terbang tersebut akan dilengkapi dengan layar navigasi 12 inci dan sistem audio. Mengenai harga motor terbang ini akan dibandrol mulai dari $400.000.

Ilustrasi

Jika di konversikan ke rupiah maka nilai dan harga yang dibandrol dari kendaraan motor terbang ini mencapai Rp 5,7 milliar. Harga tersebut hanya untuk varian Speeder peruntukan sipil. Sementara untuk oprator cargo militer belum diketahui pasti harganya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini