Kepala Proyeknya Dibajak Ford, Mobil Listrik Apple dalam Bahaya?

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 52 2468617 kepala-proyeknya-dibajak-ford-mobil-listrik-apple-dalam-bahaya-Cvq6f7IYsz.jpg Mobil listrik Apple, iCar (Youtube)

NASIB pembuatan mobil elektrik Apple iCar mulai dipertanyaakan banyak orang, setelah kepala proyek tersebut, Doug Field secara mengejutkan mengundurkan diri dari perusahaan yang didirikan Steve Jobs, lalu bergabung dengan Ford Motor Company.

Pada Selasa lalu, Field resmi berpisah dengan Apple dan kini mulai bergabung dengan Ford motor Co. Ia Menjabat sebagai Chief Advanced Technology Officer di perusahaan barunya itu.

Baca juga: Mulai Akhir 2021, VW Layani Sewa Mobil Listrik

Melansir dari Hindustan Times, Kamis (9/9/2021), setelah Field membuat pengumuman tersebut, banyak orang bertanya-tanya bagaimana kemajuan yang telah dibuat Apple dengan proyek Titan-nya.

Project Titan adalah nama kode untuk proyek mobil listrik Apple yang sangat ambisius, tapi tidak mudah dilakukan.

Pabrikan teknologi informasi canggih asal Amerika Serikat itu memulai mengembangkan mobil listrik sejak 2014, tapi sudah tujuh tahun berlalu progresnya belum membanggakan.

Baca juga: Penjualan Kendaraan Listrik Meningkat, Ford Siapkan Baterai EV Sendiri

Apple membuat mobil self-drive dengan sangat ambisius. Hal itu terlihat dari beberapa laporan menunjukkan bahwa mereka membajak Field dari Tesla dan mungkin telah memberikan arah dan mempercepat langkahnya ketika dia bergabung pada tahun 2018, akan tetapi dengan keluarnya dia, itu bisa menjadi batu bata lain bagi pemimpin dunia dalam elektronik konsumen.

Penelitian dan pengembangannya bekerja selama ini sebagai rahasia yang dijaga ketat. Tapi bukan rahasia lagi bahwa mereka telah menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain pasti akan terdapat data yang bocor untuk mengembangkan bersama mobil pertamanya dan sistem baterai yang dapat menggerakkannya.

Rumor yang beredar akhir-akhir ini tepatnya akhir pekan lalu menunjukkan bahwa pejabat Apple sedang melihat melakukan pembicaraan mendalam dengan rekan-rekan dari pabrikan asal Jepang Toyota.

Ilustrasi

Sepertinya pabrikan smartphone canggih ini memulai untuk kemungkinan menjalin kemitraan untuk pengembangan baterai.

Tak hanya itu saja, pihak pabrikan ini juga melakukan pembicaraan terkait kerja sama dengan LG Chem dan Hyundai untuk pengembangan lebih lanjut terkait peluncuran iCar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini