Honda Mulai Uji Program Mobil Otonom

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 52 2468635 honda-mulai-uji-program-mobil-otonom-ZA8e5bfdeu.jpg Mobil otonom Honda (Honda)

HONDA Jepang mengumumkan langkah pertamanya untuk memulai program pengujian mobil otonom, pada September 2021. Langkah ini diambil untuk menuju bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom (MaaS) di Jepang, yang rencananya akan diluncurkan oleh Honda yang berkolaborasi dengan Cruise dan General Motors.

Program pengujian teknologi layanan mobilitas kendaraan otonom ini akan dilakukan di Kota Utsunomiya dan Kota Haga, Prefektur Tochigi.

Baca juga:  Honda Rilis Model Terakhir Supercar NSX Akhir Bulan Ini, 2022 Setop Produksi

Sebagai langkah awal untuk mempersiapkan pengujian secara menyeluruh, area tersebut akan dibuatkan peta dengan definisi tinggi menggunakan kendaraan khusus untuk pemetaan.

Setelah peta tersebut siap, kendaraan otonom, Cruise AV, akan mulai dikendarai di jalan umum pada tahun 2022 mendatang, sebagai pengembangan dan pengujian kendaraan otonom yang disesuaikan dengan lingkungan lalu lintas serta undang-undang dan peraturan terkait di Jepang.

 Ilustrasi

"Honda dan Cruise akan bersama-sama mengerjakan program pengujian dan juga akan dilakukan di lokasi uji operasi baru yang akan didirikan di dalam fasilitas Honda di Prefektur Tochigi," kata pihak Honda, dalam keterangan resminya, Kamis (9/9/2021).

Di masa yang akan datang, Honda berambisi untuk meluncurkan bisnis kendaraan otonom (MaaS) di Jepang menggunakan Cruise Origin, kendaraan yang dikembangkan bersama oleh Honda, Cruise, dan General Motors, khusus untuk bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom.

Baca juga:  Mobil Tanpa Pengemudi Mulai Diuji Coba di Jalan

Honda Mobility Solutions Co., Ltd., anak perusahaan Honda untuk bisnis MaaS, akan menjadi operator bisnis tersebut di Jepang.

"Honda akan berusaha untuk menciptakan nilai baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat dengan menawarkan kepada pelanggannya kegembiraan dalam mengembangkan potensi hidup mereka melalui bisnis kendaraan otonom MaaS," tutup perusahaan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini