Wajib Tahu, Ini 4 Jenis Suara Sirine Ambulans dan Maknanya

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 52 2468959 wajib-tahu-ini-4-jenis-suara-sirine-ambulans-dan-maknanya-O4pHkiKftU.jpg Ilustrasi ambulans (Okezone.com/Dede)

MOBIL ambulans adalah jenis kendaraan wajib diberi ruang di jalan dalam kondisi apapun. Ambulans termasuk dalam tujun mobil yang dapat prioritas di jalan sesuai disebutkan dalam Pasal 134 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pasalnya kendaraan ini bertugas mengantarkan pasien atau orang dengan keadaan sangat darurat dan mesti diberikan pertolongan cepat tanggap.

Baca juga: Taksi Terbang Ehang Segera Beroperasi di Indonesia, Intip 5 Fitur Kemanannya

Jangan sampai nyawa melayang akibat ulah keegoisan para pengendara di jalan untuk menguasai ruas jalan. Biasanya ambulans ini akan menggunakan sirine sebagai pertanda tertentu ketika dijalan.

Kenali arti suara sirine ambulan sebagai sinyal peringatan kepada para penggendara luas di jalan yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Bunyi seperti palang kereta api

Jika Anda menemukan ambulans dengan tipikal suara sepertibunyi palang kereta api, itu menandakan bahwa mobil ambulans sedang dalam perjalanan menjemput pasien.

Baca juga: Kenali 5 Perbedaan Mobil Bermesin Bensin dengan Mobil Diesel

Perlunya Anda sebagai pemilik kendaraan untuk mengalah dan memberi jalan pada tipe suara seperti ini. Hal ini akan memudahka supir ambulan untuk mencapai ke titik penjemputan pasien dengan tepat waktu.

2. Suara sirene tidak terlalu cepat

Bila Anda mendengar suara sirene ambulans di jalan dengan alunan nada dengan jeda lambat, itu berarti menjadi pertanda bahwa ambulans sedang membawa pasien yang tidak darurat.

3. Bunyi sirene cepat

Ketika Anda menemui mobil ambulans sedang berjalan dengan bersuara nada lebih cepat dan keras, ini menjadi pertanda dan arti penting bahwa ambulans sedang membawa pasien dengan kondisi gawat darurat.

Jangan egois, berikan ruas jalan Anda dengan mengurangi kecepatan serta membelokan lingkar kemudi sedikit untuk menepi demi mendahulukan ambulans yang sedang mengantar pasien dalam keadaan sangat darurat.

Ilustrasi

Jangan biarkan masyarakat kehilangan keluarga yang disayang akibat ulah Anda yang ingin menang sendiri ketika dijalan.

4. Sirene dengan suara panjang

Suara pada sirine tersebut menandakan bahwa mobil ambulans atau mobil jenazah sedang membawa jenazah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini