9 Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Agar Performa Tetap Terjaga

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Senin 13 September 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 52 2470523 9-cara-membersihkan-ruang-mesin-mobil-agar-performa-tetap-terjaga-XCLS96KwIk.jpg Ilustrasi mesin mobil (RD)

MESKI selalu tertutup, ternyata ruang mesin pada mobil juga bisa terpapar oleh debu dan kotoran. Oleh sebab itu, pemilik kendaraan perlu mengetahui cara membersihkan mesin mobil yang tepat, agar ruang dapur pacu tetap terjaga performanya.

Berikut beberapa cara membersihkan ruang mesin mobil agar performa tetap terjaga, dilansir dari laman Auto2000 :

1. Pilih Lokasi yang Tidak langsung Terkena Matahari

Lokasi pembersihan yang paling ideal adalah garasi. Apabila garasi terlalu sempit dan gelap akan sulit untuk membersihkan mesin mobil. Caranya bisa mundurkan sedikit mobil, atau buat kap mesin menghadap keluar garasi. Hal ini akan mempermudah proses pembersihan.

Baca juga:  4 Tips Memanaskan Mesin Mobil dengan Benar

Mencuci mesin tidak boleh langsung terkena Matahari langsung, karena dalam mesin terdapat bagian yang berbahan karet dan plastik bisa rapuh jika terkena air, selain itu langsung terkena matahari sehingga kerjanya akan menurun.

2. Pastikan Mesin Mobil dalam Kondisi Dingin

Langkah yang pertama ialah memastikan bahwa mesin berada dalam kondisi dingin. Untuk itu bisa melakukanya pada pagi hari saat mesin mobil sama sekali belum dinyalakan sama sekali.

Jika mobil baru dijalankan, tunggu sekitar 30-45 menit untuk memastikan mesin mobil benar-benar dalam kondisi dingin. Kondisi mesin yang dingin akan mudah untuk membersihkan dan menghindari sisa arus listrik yang tersisa.

Perlengkapan mencuci bagian mobil sedikit berbeda dengan mencuci mobil. Perlengkapan yang harus punya saat mencuci mobil adalah engine degreaser untuk membersihkan oli yang menempel di mesin, lap plas chamois untuk mengelap kasar pada bagian mesin dan lap microfiber untuk lapisan lembut pada mesin.

Semua perlu diperhatikan, mengingat mesin memiliki karakteristik berbeda di tiap bagiannya.

Selain itu, juga perlu menyiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan seperti, air bersih, selang, ember, sikat, kuas, spons, sabun khusus mobil.

3. Perhatikan Bagian yang Mempunyai Arus Listrik

 

Pencucian dengan air mempunyai efek kurang baik terhadap bagian yang mempunyai arus listrik, seperti aki. Caranya bisa bungkus bagian tersebut dengan bahan kedap air atau jika ingin lebih aman copot aki.

Baca juga:  Mobil Mati Mendadak saat Dikendarai, Kenali 6 Faktor Penyebabnya

Hal ini mencegah korsleting pada mesin dan membuat anda aman dari ancaman tersetrum listik

4. Bersihkan Debu atau Kotoran Ringan

Setelah mesin mobil dipastikan dingin, bisa mulai proses pembersihan mesin. Pada tahap ini bersihkan debu-debu atau kotoran ringan yang menempel pada permukaan mesin.

Mulailah dengan “menyapu” permukaan mesin dengan kuas. Dari yang permukaannya lebar hingga ke sela-sela. Pada tahap ini tak perlu menggunakan air.

5. Bersihkan Bagian Bawah Kap Mesin

 

Sebelum membersihkan komponen mesin-mesin, bisa melakukan pembersihan untuk bagian bawah kap mesin. Bagian ini mendapat giliran pertama karena letaknya yang berada di atas. Jika bagian ini dikerjakan belakangan, besar kemungkinan kotorannya akan jatuh ke atas permukaan mesin yang sudah dibersihkan lebih dulu.

Untuk membersihkan bagian ini, bisa melakukannya dengan memanfaatkan cairan pembersih serbaguna. Bersihkan kotoran-kotoran yang menempel menggunakan sikat atau kuas.

Setelahpuas dengan hasilnya, bilas secara perlahan sehingga cipratan air tak berantakan ke atas permukaan mesin. Lalu keringkan dengan lap microfiber atau chamois.

6. Gunakan Steamer

Untuk membersihkan mesin, bisa fokus pada bagian-bagian yang memiliki permukaan besar dan mudah terjangkau terlebih dahulu. Gunakan Steamer untuk memudahkan bagian yang sulit dijangkau, meski begitu gunakan steamer dengan lubang kecil agar air tidak menyebar kemana-mana.

 Ilustrasi

7. Keringkan Bagian yang Sudah Dibersihkan

 

Langkah selanjutnya adalah mengeringkannya. Tahap ini penting untuk menghindari karat muncul pada komponen-komponen mesin.

Tahap ini cukup mudah dilakukan dengan menggunakan lap microfiber atau lap chamois. Namun ada baiknya membilas permukaan mesin yang sudah dicuci terlebih dahulu sebelum mengeringkannya.

8. Cek Kembali Sisa Sabun di Mesin

 

Jika selesai mengeringkan dengan lap, cek kembali bagian yan masih basah dan terkena sabun. Jika masih ada, usap dengan kain microfiber agar kering dan tidak merusak permukaan mesin.

9. Nyalakan Mesin

 

Coba keringkan dengan nyalakan mesin. Menyalakan mesin bagus untuk menghangatkan bagian-bagian yang lembab. Jangan lupa membuka kap mesin agar air-air yang tersisa mudah menguap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini