Mobil Mogok Gegara Lama Tak Dipakai? Ini 5 Cara Mengatasinya

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 52 2472418 mobil-mogok-gegara-lama-tak-dipakai-ini-5-cara-mengatasinya-zZnlNMdb1w.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

PPKM telah memasuki level 3, sehingga terjadi perlonggaran yang berdampak positif bahwa kantor sudah mulai beroprasi. Namun hal ini akan menjadi sebuah permasalahan bagi pengguna mobil.

Pasalnya selama ini pekerjaan di lakukan dengan sistem WFH yang menyebabkan mobil diam lama menganggur digarasi rumah. Hingga pada akhirnya ketika digunakan untuk berakifitas mobil menjadi sulit atau bahkan tidak bisa di starter alias mogok.

Baca juga: 3 Alasan Penting Mesin Mobil Harus Dipanaskan Dulu jika Lama Diparkir

Namun, Anda tidak perlu khawatir pasalnya Anda dapat menghidupkan sendiri di rumah dengan melakukan hal berikut ini. Dirangkum dari laman resmi Auto2000, mengenai 5 cara menyalakan mobil yang mogok karena terlalu lama didiamkan di garasi:

1. Periksa kelistrikan terutama pada sambungan aki

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah kelistrikan pada sambungan aki mobil Anda. Pastikan tidak ada soket atau koneksi pada jalur starter yang kendor.

Jika di temukan dalam kondisi bagus maka beralih dengan mengecek kabel positif yang terhubung melalui aki. Jika didapati kendor maka kencangkan hingga benar-benar rapat sempurna.

Ilustrasi

2. Lakukan pengecekan pada koneksi kabel ground

Hal ini umumnya sering disepelekan oleh banyak orang. Pasalnya kabel grounding memiliki fungsi penting untuk dapat menyalurkan arus daya listrik aki ke mesin mobil.

Baca juga: BBM Sering Tak Diisi Full, Ini 2 Efek Jangka Panjang pada Kenderaan

Terlebih bila lingkungan daerah rumah Anda banyak dihuni tikus. Maka dapat berpotensi besar kabel ground putus karena gigitan hewan hama itu. Oleh sebab itu periksalah dengan teliti untuk memastikan kondisi kabel dalam keadaan baik

3. Periksa kabel selenoid starter

Jika terdengar bunyi suara starter yang kasar dan mesin tidak kunjung menyala, maka periksalah kabel selenoid starter. Umumnya terjadi masalah yang diakibatkan karena tidak digunakan dalam jangka waktu lama.

4. Bersihkan korosi

Setelah memastikan semua dalam kondisi aman maka untuk memaksimalkan dalam menghidupkan mobil yaitu dengan membersihkan kutup pada aki. Umumnya jika tidak digunakan lama akan terjadi penumpukan kotoran bahkan dapat menimbulkan korosi.

Hal tersebut akan menggangu aliran arus daya listrik dari aki ke mesin. Korosi itu dapat ditemukan dengan warna putih. Bersihkan segera dengan menggunakan sikat kawat untuk pembersihan menyeluruh.

5. Jumper mobil

Kemudian ketika semua sudah dipastikan aman dan dalam kondisi baik. Maka langkah selanjutnya jumper mobil. Anda bisa gunakan dua cara yaitu dengan menggunakan alat khusus seperti powerbank yang dapat menstater mobil atau Anda bisa mencari mobil pendonor untuk melakukan jumper.

Pastikan untuk mengaplikasikan kabel jumper dengan mobil dengan kondisi aki yang bagus. Setelah itu lakukan penjumperan dengan baik dan hati-hati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini