Aneh, Polisi Tilang Pengemudi Mobil yang Tak Pakai Helm Rp193 Ribu

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 18 September 2021 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 86 2473220 aneh-polisi-tilang-pengemudi-mobil-yang-tak-pakai-helm-rp193-ribu-m9TOnMVjtJ.jpg Polisi India berbicara dengan pengendara motor di wilayah Chennai, India (Reuters/SCMP)

BIASANYA helm wajib dikenakan saat mengendara sepeda motor. Tapi, di India, pengemudi mobil juga ditilang oleh polisi lalu lintas dengan alasan tidak memakai helm saat menyetir. Tentu saja hal ini aneh dan tidak ada dalam aturan alias hanya akal-akalan polisi diduga untuk memeras pengendara.

Peristiwa memalukan ini terjadi di Kanpur, Uttar Pradesh, India. Mulanya seorang pengemudi mobil Suzuki Swift dihentikan mendadak oleh polisi lalu lintas dengan alasan tidak memakai helm saat menyetir.

Baca juga: Gara-Gara Bersin, Pemilik Mobil Kena Tilang Rp1,7 Juta

Melansir dari artikel di Cartoq.com, Sabtu (18/9/2021), polisi kemudian menilang sopir hatchback itu diharuskan bayar denda Rs1.000 atau sekira Rp193 ribu.

Tentu saja sang pengemudi bingung dengan hukuman yang diberikan polisi tersebut, mengingat penggunakan helm biasanya diwajibkan bagi pengendara roda dua, baik sepeda motor maupun skuter, sebagai alat pengaman.

Sementara pengemudi mobil bisa saja ditilang jika tidak menggunakan sabuk pengaman, tidak menggunakan pelat yang sesuai aturan, tidak memiliki dokumen seperti STNK, asuransi, dan sejenisnya.

Baca juga: Jepang Siapkan Aturan Bagi Pengemudi Lansia

Aturan harus memakai helm saat menyetir mobil tak ada dalam undang-undang lalu lintas yang berlaku di negara tersebut.

Menurut informasi, kejadian aneh seperti ini bukan kali pertama terjadi di India. Artinya sudah sering oknum polisi lalu lintas di wilayah tersebut menindak pengendara sesukanya atau dengan aturan yang tidak tertulis sama sekali.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini