7 Penyebab Motor Brebet Bahkan Sulit Dihidupkan Lagi jika Mati Mendadak

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 20 September 2021 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 53 2474019 7-penyebab-motor-brebet-bahkan-sulit-dihidupkan-lagi-jika-mati-mendadak-nEfVNvyoO9.jpg Ilustrasi rawat motor (Okezone)

SEPEDA motor merupakan salah satu kendaraan praktis yang digemari oleh masyakarat Indonesia. Hal itu disebabkan karena motor memberikan kemudahan dalam mengakses kepadatan serta kemacetan khususnya di daerah lingkungan padat kota Jakarta.

Namun, layaknya sebuah kendaraan pasti perlunya perawatan supaya dapat selalu dalam kondisi yang optimal. Jangan sampai motor kesayangan Anda mati mendadak dan sulit untuk di hidupkan atau jika menyala kondisi motor mengalami brebet. Situasi seperti itu pastinya akan mengurangi kenyamanan Anda dalam berkendara.

Baca juga: Motor Terbang Segera Hadir di Dunia, Begini Bentuk dan Spesifikasinya

Maka dari perlunya diketahu penyebab motor mengalami brebet atau mati mendadak yang dirangkum dari laman resmi Yamaha :

1. Kran Bensin Tertutup

Ini merupakan komponen untuk menyalurkan bensin ke bagian mesin. Maka dari itu ketika mesin mati, kran ini akan tertutup secara otomatis.

Namun berbeda kasus jika Anda langsung menggunakan tenaga motor secara maksimal pada saat mesin baru saja dinyalakan bisa saja kran bensin masih tertutup.

2. Pompa bensin lemah

Permasalahan selanjutnya yang biasa ditemukan yaitu pompa bensin yang lemah. Dampaknya ketika fuel pump dalam kondisi yang terlalu lemah maka tekanan bensin yang memancar juga tidak akan banyak dan muncul gejela brebet.

3. Mesin Terlalu Panas

Mesin yang overheat juga dapat menyebabkan motor menjadi brebet, bahkan mogok dan sulit untuk dihidupkan.

Baca juga: 6 Tips Aman Kendarai Motor agar Terhindar dari Virus Corona

Pasalnya mesin yang panas dapat menyebabkan performa mesin menurun. Berhenti sementara untuk menurunkan suhu mesin adalah keputusan yang baik.

4. Filter Bensin Kotor

Bensin perlu disaring oleh komponen bernama filter bensin sebelum berpindah dari tanki ke bagian mesin . Fungsinya tentu untuk menyaring partikel kecil dan endapat kotoran yang ada pada bensin.

Maka dari itu perlunya penggantian filter bensin secara berkala. Jika Anda menanggap remeh langkah ini maka kotoran menumpuk pada filter bensin. Dampaknya yang terjadi adalah bensin tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

5. Pilot Jet Tersumbat

Hal ini khusus teradi pada motor karburator. Posisi bensin dikeluarkan oleh bagian pilot jet. Dan ketika pilot jet tersumbat kotoran, mesin juga akan terasa seperti kehabisan bensin.

6. Injektor Kotor

Ini berlaku untuk motor injeksi. Pasalnya injektor berguna untuk menyemprotkan bahan bakar kedalam ruang mesin. Pastikan injektor selalu dalam keadaan bersih, jika kotor maka dapat menghambat tersalurnya bensin ke mesin.

Ilustrasi

7. Busi Bermasalah

Ini merupakan komponen yang sering diabaikan banyak orang. Padahal jika ini mengalami kersuakan akan sangat merepotkan bagi pengendaranya karena mesti mendoronng kendaraan menuju ke bengkel terdekat. Lambat laun kinerja busi makin melemah, kotor dan bisa soak yang dapat menyebabkan mesin mati medadak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini