Kabin Mobil Dihinggapi Semut? Ini 4 Cara Mengusir dan Membersihkannya

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 87 2475210 kabin-mobil-dihinggapi-semut-ini-4-cara-mengusir-dan-membersihkannya-c2atbDiYlM.jpg Ilustrasi semut (Daniel Charbonneau)

BAGI Anda pemilik mobil patut selalu memperhatikan kondisi kebersihan kabin mobil. Pasalnya kabin mobil merupakan tempat menghabiskan waktu terlama pada saat mengemudikan mobil.

Maka dari itu perlunya pembersihan secara menyeluruh dan rutin. Terlebih untuk saat ini dalam mencegah virus Covid-19 yang masih menyebar di Indoesia sampai saat ini. Perlunya menjaga kebersihan telah menjadi prioritas dalam kondisi seperti itu.

Baca juga: Mudah Didapat, 5 Bahan Alami Ini Bisa untuk Pengharum Mobil

Jangan sampai kabin mobil Anda menjadi sarang serangga kecil seperti semut yang berkoloni pada sisi-sisi kabin mobil. Itu telah menjadi acuan utama bila kondisi interior kabin kendaraan Anda jorok dan tidak bersih.

Jika mobil Anda mengalami hal serupa, begini cara megusir semut dari kabin mobil Anda yang dirangkum dari laman resmi Auto2000 :

1. Lakukan pembersihan secara menyeluruh

Munculnya semut-semut yang bergerombol disebabkan oleh kotoran yang terdapat pada kabin kendaraan, seperti sisa makanan atau kotoran lainnya.

Baca juga: Cara Bersihkan Kabin Mobil Usai Terendam Banjir

Maka dari itu bersihkan sisi-sisi kabin seperti karpet, kolong mobil. Untuk hasil maksimal Anda bisa pergunakan jasa detailing untuk membersihkan secara menyeluruh dan menghilangkan hewan tersebut.

2. Pancing semut keluar

Sering kali semut bersarang diberbagai tempat, untuk mengetahui lebih lanjut Anda bisa pancing semut dengan cara menggunakan bahan-bahan manis seperti gula, kayu manis dll. Hal ini untuk mendeteksi sarang inti tempat ratu semut bersarang. Setelah itu bersihkan seluruhnya sampai tidak ada sisa semut bersarang kembali.

3. Pergunakan racun serangga

Ini bisa Anda pergunakan bagi Anda yang ingin cara praktis. Anda bisa campurkan ramuan bahan-bahan racun tersebut kemudian semprotkan ke bagian sisi-sisi celah tersemput mobil seluruhnya.

Namun cara ini tidak disukai banyak orang lantaran bau yang dihasilkan tidak sedap dan baik untuk kesehatan .

Ilustrasi

4. Bersihkan tuntas dengan menggunakan vacum cleaner

Apabila ditemukan semut yang tidak begitu banyak. Maka cukup Anda bersihakan saja dengan menggunakan vakum cleaner untuk hasil maksimal.

Setelah memastikan semutnya tidak ada maka langkah selanjutnya yakni membersihakn kotoran secara menyeluruh menggunakan vacum cleaner.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini