5 Komponen Utama dalam Fitur Spion Elektrik Toyota Avanza Beserta Fungsinya

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 52 2475730 5-komponen-utama-dalam-fitur-spion-elektrik-toyota-avanza-beserta-fungsinya-vBnzGCmhhX.jpg Ilustrasi spion elektrik (Wikimedia)

FITUR spion elektrik di mobil Toyota Avanza menjadi salah satu fitur dengan teknologi terkini yang berguna bagi pengendaranya. Dengan adanya spion elektrik, pengendara sudah tidak perlu mengatur posisi kaca mobil secara manual.

Apalagi jika harus membetulkan posisi kaca spion dari dalam mobil, tidak perlu lagi harus repot-repot membuka kaca mobil karena dengan spion elektrik, semuanya bisa dilakukan langsung dari dalam mobil.

Baca juga:   Ternyata, Begini Lho Cara Kerja Fitur Blind Spot pada Mobil

Berikut ini, komponen apa saja yang tersusun dalam fitur spion elektrik beserta fungsinya, dilansir dari laman Auto2000, Kamis (23/9/2021).

1. Tombol L/R Switch

Komponen pertama dari spion elektrik mobil Toyota Avanza adalah L/R switch button. Tombol ini memiliki fungsi untuk mengubah posisi kaca spion.

Posisi kaca spion dapat diubah ke arah kiri atau kanan, sesuai dengan kebutuhan. Tombol L berarti kaca spion dapat diubah posisinya ke arah kiri sedangkan tombol R untuk posisi ke arah kanan.

 

2. Tombol 4 Way Mirror Switch

 

Selain tombol L/R switch, ada juga tombol 4 way mirror switch yang dapat digunakan untuk menggerakan kaca spion ke empat arah yang berbeda. Pengendara dapat menggunakan tombol ini untuk memposisikan kaca spion ke arah kiri, bawah, kanan, dan juga atas.

3. Mirror Motor

Di dalam spion elektrik, tentunya salah satu komponen yang sangat penting agar spion dapat bergerak adalah mirror motor. Mirror motor ini berfungsi untuk mengubah tenaga listrik menjadi tenaga putar pada bagian tuas kaca spion.

 Baca juga: 8 Tips Berkendara dengan Teknik Eco Driving Agar Bahan Bakar Irit

Biasanya, dalam satu buat spion elektrik akan terpasang 2 buah mirror motor. Kedua mirror motor tersebut berfungsi untuk menggerakkan kaca spion ke empat arah sesuai dengan fungsi dari komponen tombol 4 way mirror switch.

4. Mirror Housing

Komponen selanjutnya dari spion elektrik adalah mirror housing. Mirror housing ini merupakan rumah kaca spion atau cangkang dari kaca spion.

Mirror housing dari spion elektrik memiliki bentuk yang berbeda dari spion pada umumnya. Pengendara dapat melihat perbedaannya dari bentuknya yang lebih besar dan cembung karena mirror housing tersebut memiliki fungsi untuk menyimpan mirror motor di dalamnya.

 Ilustrasi

5. Kaca Spion

Terakhir, komponen yang tentu saja dibutuhkan oleh spion elektrik adalah kaca spion itu sendiri. Kaca spion yang digunakan dalam spion elektrik biasanya memiliki model yang sama pada spion mobil biasa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini