Mesin Mobil Anda Mendadak Loyo? Ternyata Ini 5 Penyebabnya

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 25 September 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 52 2476512 mesin-mobil-anda-mendadak-loyo-ternyata-ini-5-penyebabnya-9LrVcuY9Lg.jpg Ilustrasi mobil mogok (Pixabay.com)

MESIN diesel terkenal akan tenaga dan torsinya yang melimpah. Maka dari itu tak heran jika masyarakat di Indonesia banyak menyukai mobil berbahan bakar solar.

Namun hal itu akan nampak berbeda jika Anda menemukan mobil diesel tidak tenaga yang loyo. Hal itu umumnya tidak wajar karena sudah semestinya diesel memiliki tenaga yang besar.

Jika Anda menemukan mobil diesel dengan hal seperti itu bisa menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres dan tidak optimal tenaga dan performa mobil diesel Anda.

Baca juga: Kenali Penyebab Mobil Diesel Keluar Asap, Ini 4 Cara Jitu Merawatnya

Dilansir dari Auto2000, berikut penyebab mesin diesel kurang bertenaga :

1. Filter solar sudah kotor

Komponen ini kerap menjadi salah satu penyebab utama mesin diesel Anda kurang bertenaga. Hal ini disebabkan karena filter berfungsi menyaring kotoran maka jika digunakan dalam waktu lama akan menyebabkan filter tersebut kotor.

Jika dibiarkan maka terdapat aliran yang tersumbat yang dapat menyebabkan tenaga mesin menjadi loyo. Maka dari itu lakukan penggantian filter solar secara berkala untuk hasil maksimal.

2. Injetion pump mengalami gangguan

Pompa injeksi juga sering menjadi masalah pada mobil diesel. Sebab pompa injeksi berfungsi sebagai mempompa dan mengalirkan bahan bakar kepada masing-masing injektor.

Baca juga: Punya Uang Rp50 Juta Pengen Beli Mobil Diesel? Ini Daftar Pilihannya

Jika terdapat tekanan yang berbeda yang menyimpang dari tekanan yang direkomendasikan, maka hal tersebut dapat memicu tenaga mesin menjadi loyo.

3. Posisi injection timing tidak tepat

Masalah ini memang jarang terjadi, akan tetapi ada juga beberapa kasus yang disebabkan oleh hal ini. Hal itu disebabkan karena posisi injection timing berubah dan tidak sesuai pada spesifikasi mesin.

Maka dari itu dapat menyebabkan mesin menjadi boyo serta keluarnya asap hitam yang sangat pekat pada knalpot.

4. Pompa tekanan solar lemah

Komponen ini dipasang berdekatan dengan filter solar yang berfungsi sebagai menyedot dan menarik bahan bakar solar kedalam tangki. Ini kerap terjadi karena masalah umur pemakaian yang sewaktu-waktu dapat melemah.

Jika itu terjadi pada mobil Anda maka segeralah mengganti dengan yang baru. Sebab nantinya dapa terjadi percampuran bahan bakar yang tidak sempurna. Jika lalai atau tidak menggantinya maka mesin diesel Anda akan susah dihidupkan ketika waktu pagi hari.

Ilustrasi

5. Rendahnya tekanan kompresi ruang bakar

Tekanan kompresi yang rendah juga dapat mengakibatkan mesin diesel mengalami loyo dan kurang tenaga bahkan dapat menyebabkan tarikan mobil menjadi hilang.

Hal itu disebabkan karena mesin diesel tersebut perlu kompresi yang tinggi. Hitunganya setidaknya 30 kgm. Tekanan tersebut akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan mesin bensin yang hanya perlu tekanan sebesar 10/11 kgm.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini