Kenali 5 Penyebab Knalpot Motor 'Nembak', Berikut 3 Solusi untuk Mengatasinya

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 53 2476201 kenali-5-penyebab-knalpot-motor-nembak-berikut-3-solusi-untuk-mengatasinya-OzFnPSAuuF.jpg Ilustrasi knalpot nembak (Revzilla)

SALAH satu masalah dialami sepeda motor adalah knalpot nembak ketika gas dilepas. Bila sudah begitu, tentu saja bunyinya sangat mengganggu. Tak hanya bagi pemilik motor, tapi juga pengendara lainnya.

Untuk itu, berikut ini penting untuk dipahami penyebab knalpot nembak dan solusi untuk menanganinya, dilansir dari laman Suzuki, Jumat (24/9/2021).

1. Lupa Menutup Tutup Choke

 

Penyebab pertama mengapa knalpot nembak ketika melepas gas adalah karena bagian choke yang belum tertutup.

Baca juga:  7 Penyebab Motor Brebet Bahkan Sulit Dihidupkan Lagi jika Mati Mendadak

Sebenarnya hal yang satu ini sangat sepele tetapi sering dilewatkan. Ketika membuka choke, jangan lupa untuk langsung menutupnya agar tidak mengalami masalah.

 Ilustrasi

Pengendara motor (Okezone.com/Arif)

Jika tidak menutup choke, maka hal yang akan terjadi adalah knalpotnya berbunyi seperti terkena ledakan. Hal ini juga akan menyebabkan munculnya aliran deras dari bahan bakar sehingga menyebabkan keborosan.

2. Knalpotnya Mengalami Kebocoran

Adapun penyebab knalpot nembak yang berikutnya adalah komponen ini sudah mengalami kebocoran.

Komponen yang mengalami kebocoran itu berasal dari knalpot itu sendiri. Cara mengetahuinya adalah dari suara kendaraan mengalami kebisingan atau tidak.

3. Adanya Masalah Pada Saluran Mesin Kendaraan

Sedangkan untuk penyebab lain mengapa knalpot nembak adalah karena terjadinya masalah pada bagian saluran mesin.

Biasanya hal ini terjadi pada bagian selang udara, jika normal maka tidak akan memunculkan suara berisik.

 Baca juga: Air Keluar dari Knalpot Mobil, Ini 4 Penyebabnya!

Saluran mesin ini sangat diperlukan saat proses pembakaran sehingga bisa menahan suara bising yang muncul.

 

Ada bagian lain yang juga harus rawat kondisinya yaitu karburator agar performanya tetap baik. Jika tidak maka akan mengganggu kinerja dari komponen yang lainnya.

4. Ada Masalah Pada Bagian Busi

Untuk penyebab yang berikutnya adalah terjadinya masalah pada bagian busi. Hal ini merupakan penyebab utama dari knalpot yang nembak saat gasnya dilepas.

Jika busi mengalami kerusakan, maka kinerjanya tidak akan maksimal. Proses pengapian juga tidak akan maksimal.

5. Terlalu Banyak Campuran Dalam Bahan Bakar

 

Penyebab knalpot motor nembak saat lepas gas yang berikutnya adalah adanya banyak campuran pada bahan bakar. Biasanya jumlah udara lebih banyak dibandingkan dengan bahan bakar.

Solusi Mengatasi Knalpot yang Nembak Saat Melepas Gas

 

• Mengecek Kondisi Knalpot

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek bagian knalpot dan mengatur ulang bagian karburator dan pilot screw. Bisa juga menyesuaikannya dengan standar pada kendaraan.

 Ilustrasi

• Mengecek Bagian Busi

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah mengecek bagian busi motor apakah mengalami masalah atau tidak. Jika pada bagian busi mengalami masalah, bisa langsung mengganti busi tersebut dengan yang busi yang baru.

• Mengganti Filter Udara

Jika kedua cara di atas tidak bisa, maka dapat menggunakan cara yang terakhir ini yaitu dengan melakukan penggantian filter udara.

Jika tidak tahu bagaimana cara menggantinya, silahkan pergi ke bengkel resmi. Motor akan langsung ditangani dengan baik oleh ahlinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini