Kenali 5 Penyebab Mesin Mobil Mengelitik, Begini Cara Mengatasinya

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 27 September 2021 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 52 2477621 kenali-5-penyebab-mesin-mobil-mengelitik-begini-cara-mengatasinya-BQ266INIPF.jpg Ilustrasi mesin mobil (ADM)

PERNAHKAH Anda merasakan mobil terderak suara mengelitik pada saat idle lalu ketika melakukan akselerasi, tarikannya berat atau bahkan mesin seperti tidak ada tenaga.

Umumnya setiap pabrikan menciptakan suara mobil yang halus dan bertenaga. Jika terjadi seperti itu berarti mobil Anda mengalami gejala knocking alias ngelitik. Suara seperti ‘klitik klitik klitik’ tersebut tampak jelas perbedaanya terlebih jika Anda melakukan akselerasi.

Biasanya penyebab mesin mobil ngelitik terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna dari ruang mesin. Maka dari itu detonasi pada mesin ke bahan bakar di ruang mesin sudah terbakar sebelum waktunya dan membuat ledakan.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Menghilangkannya Karat pada Mobil

Gejala ngelitik rupanya dapat dihilangkan dengan cara mengenali penyebab dan cara mengatasinya. Maka dari itu Anda wajib mengenalinya terlebih dahulu sebelum memulai tindakan pencegahan yang salah karna kurangnya pemahaman.

Ilustrasi

Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, Senin (27/9/2021), berikut 5 penyebab mesin ngelitik dan cara mengatasinya:

1. Pengapian tidak sempurna

Ini merupakan penyebab utama yang bisa Anda selidiki secara kasat mata, terutama pada komponen busi mobil yang berperan penting memerecikan api pada ruang bakar.

Baca juga: Agar Tetap Prima, Ini 5 Alasan Mobil Perlu Tune Up Secara Berkala

Ketika busi tersebut sudah lemah maka api yang dihasilkan dari percikan tesebut menjadi kecil. Sehingga yang terjadi bensin yang akan disemprotkan dari injektor tidak bisa terbakar dengan maksimal. Solusinya Anda dapat mengganti busi dengan yang baru untuk hasil pembakaran mesin terbarik

2. Percampuran bahan bakar dengan udara tidak sempurna

Ini terjadi karena pencamburan antara bahan bakar, udara dan pengapian tidak sesuai dan tidak merata. Solusi dari permasalah tersebut yakni dengan melakukan tune up dan servis berkala. Dalam melakukan servis juga akan dilakukan tahapan penyettingan bahan bakar. Hal itu tentunya dapat mengurangi gejala ngelitik.

3. Ignition timing berubah posisi

Penyebab selanjutnya yakni letak ignition timing yang tidak sesuai posisi standard. Hal itu tentunya dapat menyebabkan terjadinya gejala mengelitik karena bahan bakar diledakkan tidak pada waktunya. Jika terus dibiarkan maka dapat menyebabkan kompresi bocor atau hilang sehingga dapat membuat tenaga mobil ngempos.

Cara terbaik yang Anda bisa lakukan yakni dengan melakukan perbaikan kebengkel dan jangan lakukan sendiri. Sebab mekanik umumnya lebih paham dan mempunyai alat pengukur untuk lakukan tahapan mengatur ulang letak jarak dan posisi ignition timing.

4. Tempratur mesin panas

Mesin yang tempraturnya terlalu panas rupanya juga dapat menyebabkan mesin mobil menjadi ngelitik. Hal itu dapat disebabkan karena sekor pendinginan mesin tidak maksimal dalam bekerja. Solusinya dengan memeriksa kondisi motor kipas radiator.

Jika sudah lemah maka gantilah dengan yang baru dibarengi dengan penggantian air radiator untuk hasil pendinginan maksimal.

5. Bahan bakar tidak sesuai rekomendasi

Ini yang menjadi penyakit umum yang sering dialami banyak masyarkat Indonesia yaitu tidak menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan.

Alih-alih mencari harga BBM ebih ekonomis dan mengirit pengeluaran, namun yang terjadi jika kerusakan telah terjadi maka Anda akan merogoh kantong lebih dalam untuk memperbaiki mobil kesayangan Anda jika sudah terjadi kerusakan akibat ngelitik. Solusinya gunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini