Jangan Cuci Motor saat Mesin Lagi Panas, Ini 4 Alasannya

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 53 2478645 jangan-cuci-motor-saat-mesin-lagi-panas-ini-4-alasannya-kEFnVfL9F3.jpg Mencuci motor (Youtube)

SEPEDA motor harus rutin dicuci untuk membersikan kotoran yang menempel pada bodi, bagian luar mesin maupun celah-celahnya, sehingga tetap tampil kinclong, enak dipandang, dan mencegah karatan yang berisiko terdampak pada pengurangan performa.

Namun, ternyata mencuci motor juga tidak boleh sembarangan loh. Ada langkah-langkah yang mesti diperhatikan. Salah satunya jangan mencuci motor saat mesin dalam panas. Berikut alasannya :

1. Mengurangi risiko cidera pada tangan akibat mesin panas

Ini menjadi alasan yang tepat yang harus Anda terapkan jika ingin mencuci bersih motor Anda.

Baca juga: 7 Penyebab Motor Brebet Bahkan Sulit Dihidupkan Lagi jika Mati Mendadak

Ketika mesin dalam keadaan panas itu akan sangat berisiko membuat tangan Anda terluka dengan menyentuh komponen motor yang masih sangat panas setelah Anda gunakan. Lebih baik hindari risiko tersebut dengan menunggu mesin dalam keadaan dingin dan barulah mencuci motor Anda sampai bersih.

2. Mencegah komponen gampang rusak

Alasan selanjutnya mengapa disarankan untuk mencuci motor dalam keadaan mesin panas supaya mencegah komponen cepat rusak.

Baca juga: Cegah Kerusakan, Hindari 5 Hal Ini saat Mencuci Motor

Komponen yang gampang rusak tersebut seperti leher knalpot krom yang dapat berubah warna menjadi kuning bahkan terkelupas, plastik pelindung mesin dan knalpot menjadi belang.

3. Mencegah thermal shock

Alasan ketiga ini pastinya bertujuan untuk terjadinya penyusutan material secara tiba-tiba karena terjadi perubahan suhu yang drastis. Terutama pada bagian besi dan metal pada bagian mesin motor. Kondisi seperti itu dinamakan thermal shock.

4. Mencegah timbul uap panas dan bercak noda

Mencuci motor dalam keadaan panas membuat timbulnya uap panas. Jika Anda menggosokan bagian panas dengan sabun alih-alih supaya menjadi bersih. Maka yang terjadi busa shampoo ustri akan cepat mengering dan timbul noda bercak yang sulit untuk dihilangkan.

 Ilustrasi

Waktu yang tepat mencuci motor

Terkait dengan keempat alasan tersebut maka alangkah baiknya Anda mencuci motor dalam keadaan dingin.

Setidaknya biarkan suhu mesin turun sekitar 20-30 menit setelah Anda selesai menggunakan motor tersebut. Hal ini tentu akan menjaga keawetan komponen motor dan mesin Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini