Risikonya Fatal, Ini 4 Alasannya Jangan Menyalip Kendaraan Lain di Tikungan!

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 87 2479236 risikonya-fatal-ini-4-alasannya-jangan-menyalip-kendaraan-lain-di-tikungan-jZNHbpDjDN.jpg Ilustrasi jalan menikung (Antara)

MENGEMUDIKAN sepeda motor maupun mobil wajib memperhatikan keselamatan atau safety, agar perjalanan sampai ke tempat tujuan dan mematuhi rambu-rambu serta peraturan berlalu lintas.

Misalnya pada posisi jalan berbelok atau menikung. Terdapat anjuran dan alasan mengapa Anda dilarang menyalip kendaraan di depan saat jalan menikung, karena risikonya fatal.

Baca juga: 4 Tips Menjaga Traksi Roda Motor Tetap Optimal saat Berkendara

Melansir dari laman resmi Toyota Astra, Kamis (30/9/2021), berikut ini alasan larangan mendahului di tikungan :

1. Titik blindspot yang sangat besar

Pada kondisi jalan yang berbelok merupakan titik blind spot terbesar yang sulit Anda lihat dan perkirakan. Pasalnya tidak ada satupun objek atau acuan untuk perkiraan Anda dalam melakukan ancang-ancang untuk berbelok.

Hal itu sangat berbahaya lantaran Anda tidak mengetahui letak dan posisi kendaraan yang berlawanan.

2. Kendaraan sulit dikontrol

Alasan kedua yang wajib diperhatikan adalah yaitu momentum daya kontrol kendaraan yang sulit dikendalikan pada saat menyalip dibelokan.

Baca juga: Mobil Mogok Gegara Lama Tak Dipakai? Ini 5 Cara Mengatasinya

Pasalnya Anda tidak akan mudah mengcounter arah kemudi pada saat keadaan darurat atau terjadi kepanikan karena terdapat kendaraan dari arah lawan sebaliknya.

3. Dapat terjadi understeer dan oversteer

Ini juga termasuk hal yang juga sulit dikendalikan terlebih pada saat menyalip dibelokan. Nyatanya melakukan pengereman pada saat posisi berbelok dalam kecepatan sedang maupun tinggi akan sangat berbahaya.

Hal itu disebabkan karena dapat membuat ban kehilangan daya cengkram di aspal. Jika Anda menggunakan kendaraan seperti mobil Anda penggerak FWD maka Anda dapat mengalami terjadinya oversteer.

Begitu pula sebaliknya mobil Anda mengungsung penggerak RWD maka akan mobil Anda akan mengalami understeer. Kalau Anda menggunakan motor maka akan mengakibatkan kecelakaan karena tergelincir.

Ilustrasi

 4. Mengakibatkan kecelakaan

Hal ini umumnya sering terjadi jika Anda tetap nekat menyalip kendaraan depan pada kondisi jalan berbelok. Jika secara tiba-tiba muncul kendaraan arah berlawanan maka akan terjadi kecelakaan berupa tabrkan dengan posisi adu banteng. Kecelakaan tersebut sangatlah berbahaya dan sering memakan korban jiwa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini