Viral Mobil Listrik Tesla Terbakar di Tempat Servis, Kok Bisa?

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 01 Oktober 2021 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 52 2479795 viral-mobil-listrik-tesla-terbakar-di-tempat-servis-kok-bisa-NnffBWH4jO.jpg Mobil listrik Tesla S P100D terbakar di sebuah tempat layanan servis di Marietta, Amerika Serikat (Facebook/Carscoops)

SEUNIT mobil listrik Tesla Model S P100D terbakar di sebuah pusat layanan servis di Marietta, Georgia, Amerika Serikat. Pemicu kebakaran electrik vehicle (EV) tersebut diketahui secara pasti.

Foto-foto kebakaran mobil Tesla model 3 dengan petugas yang sedang memadamkannya viral di media sosial. Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, hanya saja sebagian besar bodi mobil hangus. Petugas siga memadamkan api, sehingga tak menjalar ke mobil lainnya.

Baca juga: Tesla Tunda Pengiriman Mobil Listrik Terbaru Model S Plaid

Melansir dari Carscoops, Jumat (1/10/2021), petugas damkar ikut mendongkrak satu sisi mobil agar bisa leluasa menyemprotkan air ke arah baterai yang terbakar di bagian bawah mobil.

Gambar-gambar ini menunjukkan secara jelas bahwa baterai sedan listrik ini terbakar saat diparkir di pusat layanan. Sebagian besar kerusakan yang terjadi pada mobil tampaknya terkonsentrasi di sekitar kabin dan sisi pengemudi. Dugaan utamanya bersumber dari sisi depan pengemudi.

Kejadian hal ini memang menjadi polemik bagi para produsen pembuat mobil khususnya EV. Banyak produsen mobil menghabiskan jutaan untuk menarik EV yang menghadapi masalah serupa.

Baca juga: Tesla Recall 285.000 Mobilnya, Kenapa?

Hal ini tidak hanya terjadi pada Tesla, penarikan besar-besaran telah berdampak dan terjadi pada sejumlah kendaran termasuk Chevrolet Bolt, Porsche Taycan, Ford Mustang Mach-E, Ford Kuga PHEV, dan Hyundai Kona EV.

Dalam insiden tersebut Tesla juga harus membayar $163 juta atau setara dengan Rp233 milliar karena menolak merecall unit model S P100D dan mengganti baterai dalam yang garansi selama 6 tahun.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini