Speedometer Mobil Tiba-Tiba Mati? Kenali 3 Penyebabnya

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 16 Oktober 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 16 52 2487216 speedometer-mobil-tiba-tiba-mati-kenali-3-penyebabnya-v3kzwU6VJb.jpg Ilustrasi speedometer (drive.com.au)

SPEEDOMETER berfungsi untuk mendeteksi kondisi mobil seperti angka kecepatan, konsumsi bensin, tripmeter, odometer, suhu mesin, kapasitas oli dan sistem injeksi, level tegangan aki, modul abs, indikator power steering, dan lainnya.

Jika secara tiba-tiba komponen ini mati, maka akan cukup merepotkan dan mengurangi kenyamanan dan keamana Anda dalam berkendara.

Baca juga: Jangan Biarkan Kotor, Ini 7 Cara Merawat Grill Mobil Agar Tetap Kinclong

Nah, berikut tiga penyebab speedometer mobil mati sebagaimana dilansir dari Auto2000 :

1. Terjadi malfungsi pada kelistrikan mobil

Pertama kali yang harus Anda cek ketika speedometer tidak hidup/mati yakni dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh pada kelistrikan mobil.

Hal ini dikarenakan speedometer sangat erat kaitanya dengan kelistrikan dalam mobil. Umumnya terjadi malfungsi seperti konslet, kabel/socket putus sehingga aliran listrik terhenti dan menyebabkan mati.

2. Terdapat komponen/panel yang error

Hal ini dapat terdeksi jika terdapat satu atau dua indikator panel yang tidak bergerak alias mati. Jika dipastikan semuanya hidup dan hanya satu indikator yang tidak bekerja, maka dapat dipastikan bahwa kerusakan tersebut berupa dari salah satu panel yang error.

Baca juga: Mobil Mogok Gegara Lama Tak Dipakai? Ini 5 Cara Mengatasinya

Untuk lebih memastikan bahwa kerusakan hanya terjadi pada sistem panel maka lakukan scan untuk melihat kondisi keseluruhan pada panel mobil.

Jika sudah ditemukan penyebab panel yang error maka segera menganti dengan parts yang baru untuk mengamankan kinerja speedometer.

3. Sensor speedometer lemah atau mati

Penyebab terakhir yang umumnya sering di temui yakni terdapat sensor yang sudah lemah bahkan mati. Hal ini terjadi karena terjadi soket yang kendor, gear transduster yang sudah aus serta masa umur pakai komponen itu sendiri.

 Ilustrasi

Bisanya jika masalah pada sensor mulai timbul maka akan muncul tanda peringatan pada speedometer seperti lampu check engine yang menyala.

Hal ini akan berbeda ketika mobil Anda masih mengadopsi sistem tali pada speedometer. Biasanya kerusakan terjadi pada tali yang mengalami getas atau bahkan putus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini