Power Window Mobil Bermasalah? Ini 5 Sumber Penyebabnya

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 52 2488512 power-window-mobil-bermasalah-ini-5-sumber-penyebabnya-Ywa5WIvHro.jpg Power window mobil (Youtube)

POWER window merupakan fitur kepraktisan yang terdapat pada sebuah mobil. Fungsi utamanya yakni untuk membuka dan menutup jendela secara otomatis lewat tuas pintu.

Namun terkadang fitur ini sering mengalami masalah seperti seret, macet bahkan mati. Tentu akan sangat merepotkan bila fitur ini bermasalah.

Pemilik mobil pun jadi kesulitan untuk membayar tol dan mesti membuka pintu keseluruhan,atau bila terjadi ujan dapat menyebabkam panik karena kaca pun lama untuk menutup.

Baca juga: Auto Lock Mobil Tiba-Tiba Tak Berfungsi, Ini 3 Cara Mengatasinya

Dirangkum dari laman Auto2000, Selasa (19/10/2021), berikut penyebab power window bermasalah :

1. Rel kaca kotor

Jika kaca mobil Anda mengalami bunyi berdecit kasar itu berarti sumber masalah terdapat dari rel kaca mengalami kotor. Letak rel kaca berada di bagian paling luar body mobil.

 

Bunyi-bunyian seperti itu sudah menggangu fungsi pergerakan kaca mobil Anda. Maka dari itu bersihkan segera sela-sela rel kaca mobil. Jika pemilik kendaraan mengabaikan dan tidak membersihkannya segera maka kaca akan macet tidak bisa digerakan.

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Bagian Penting pada Pintu Mobil

2. Saklar mengalami kerusakan

Penyebab power window mengalami macet juga bisa terjadi pada switch/saklar power window yang rusak. Kerusakan pada saklar tersebut bisa terjadi karena kebiasaan buruk pengemudi yang sering menaik turunkan kaca. Gunakan power window pada saat dibutuhkan saja. Jika terlalu sering maka saklar bisa error.

3. Saklar konslet

Penyebab ini juga kerap terjadi pada mobil khususnya jika sudah memasuki musim penghujan. Pasalnya ketika percikan air masuk ke sela door trim dan power window dan terkena air maka akibatnya saklar akan konslet dan rusak. Bisa juga terjadi karna arus pendek listrik karena pemasangan yang tidak benar.

4. Sekring putus

Penyebab berikutnya penyebab power window mati yakni sekring putus. Hal ini bisa terjadi lantaran komponen tersebut tidak mendapatkan suplai atau aliran listrik terhentj. Jika didapeti kondisi seperti itu maka ganti sekting dengan yang baru.

 Ilustrasi

5. Motor penggerak power window mengalami keausan

Penyebab utama sebuah fitur power window mengalami macet atau kerusakan karena motor penggeraknya mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan oleh masa umur pakai penggunaan itu sendiri. Jika sudah mengalami rusak terdapat 2 cara yang dapst Anda lakukan yaitu dengan memperbaikinya ataupun mengganti motor penggerak dengan yang baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini