Jarang Diketahui, 2 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Mobil Anda Lho

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 19 Oktober 2021 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 87 2488519 jarang-diketahui-2-kebiasaan-buruk-ini-bisa-merusak-mobil-anda-lho-7iS5OsLxX0.jpg Mesin mobil (Istimewa)

PENTING bagi pemilik mobil untuk tahu tentang bagaimana cara merawat mobil dan membuatnya tetap awet. Tidak hanya soal perawatan dan servis berkala rutin saja yang menjadi patokan pemilik untuk dapat membuat mobil tetap awet.

Akan tetapi pola kebiasaan juga dapat menjadi faktor penentu keawetan kondisi mobil Anda. Pasalnya kebiasaan yang keliru dan cenderung salah ternyata dapat merusak mobil loh. Maka dari itu simak penjelasan hal berikut ini.

Baca juga: Mobil Lama Nganggur selama PPKM Darurat? Begini Cara Merawatnya

Informasi bermanfaat ini diunggah dan dibagikan pada akun TikTok resmi @Auto 2000jombang :

1. Menutup pintu

Mungkin hal ini terdengar sepele untuk Anda. Akan tetapi ternyata dalam jangka panjang akan mempengaruhi kondisi pintu loh. Umumnya sering terjadi dan ditemui pemilik mobil menutup pintu dengan cara dilempar atau dibanting.

Ilustrasi

Perlu kalian ketahui cara seperti itu ternyata merupakan kebiasaan buruk yang salah loh. Pasalnya dengan melakukan mekanisme seperti itu akan membuat engsel serta karet pintu dapat mengalami kerusakan.

Baca juga: Jangan Biarkan Kotor, Ini 7 Cara Merawat Grill Mobil Agar Tetap Kinclong

Cara nya yang benar yaitu dengan menggenggam handle pintu lalu kemudian dorong pintu. Dalam menutup pintu juga pastikan lakukan dengan dengan intensitas tenaga yang normal. Jangan terlalu kencang dan juga teralu lemah.

2. Menutup kap mesin mobil

Hal sepele satu ini juga kerap diabaikan oleh pemilik mobil. Akan tetapi ternyata hal ini juga krusial dan dapat terjadi kerusakan bila caranya membuka dan menutup kap mesin keliru. Umumnya pemilik mobil pasti akan menutup kap mesin dengan cara menekan sampai bunyi klik. Itu berarti menandakan bahwa kap mesin mobil sudah tertutup rapat.

Namun tahukah Anda jika cara seperti itu ternyata salah dan dapat berpotensi merusak engsel pada kap mesin loh.

Jika dilakukan secara terus menerus dengan kebiasaan yang keliru maka yang terjadi engsel akan mengalami penyok. Sehingga yang terjadi nantinya kap mesin sulit dibuka karena bentuk kerapatan engsel yang berubah akibat penyok.

Cara yang benar dalam menutup kap mesin yaitu dengan cara dibanting loh, akan tetapi dengan ketentuan jarak tinggi kap mesin dengan engsel max 30 cm dari engsel.

Setelah itu lepaskan kap mesin perlahan sampai bunyi cukup keras. Hal tersebut akan jauh lebih merawat engsel pintu karena tidak terjadi tekanan yang mendadak ketika mekanismenya dilakukan dengan cara menekan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini