5 Penyebabnya AC Mobil Berbau Tak Sedap, Apa Saja?

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 52 2490188 5-penyebabnya-ac-mobil-berbau-tak-sedap-apa-saja-gnV2zAWNof.jpg AC mobil (driving.ca)

PENYEJUK udara atau AC pada mobil menjadi bagian penting yang membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman selama perjalanan.

Namun, ada kalanya AC di mobil berbau apek, meskipun sudah disematkan pewangi. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya bau apek keluar dari udara yang dihembuskan oleh AC.

Tentunya saja jika bau AC apek akan mengganggu kenyamanan perjalanan. Salah satu cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan mencari tahu sumber yang menimbulkan bau.

Baca juga:  AC Mobil Anda Tidak Dingin? Kenali 8 Penyebabnya

Berikut ini beberapa penyebab mengapa AC mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap, dilansir dari laman Auto2000, Jumat (22/10/2021).

1. Evaporator kotor atau bocor

Penyebab pertama AC mobil bau adalah evaporator yang penuh dengan kotoran serta berlendir. Sudah menjadi bagian dari sistem kerja AC, ketika kondisinya kotor, maka bisa menimbulkan jamur serta bakteri di dalamnya.

Semakin banyak jamur dan bakteri yang ada, maka tak lama AC mobil tercium bau tidak sedap. Biasanya ada bau asam dan bau tidak sedap lainnya yang menjadi ciri khas dari penyebab ini.

Evaporator juga bisa mengalami kebocoran. Kalau sudah begini, maka akan timbul bau. Namun yang muncul adalah bau freon yang khas. Semakin besar bocor dan sisa freon, maka semakin terasa pula baunya.

 

2. Asap rokok

Kalau Anda memang perokok, maka sebaiknya jangan pernah merokok di dalam kabin mobil.

Karena sudah pasti akan tertinggal jejak bau rokok yang menempel di beberapa bagian, seperti jok, plafon, karpet, hingga dashboard mobil.

Baca juga:  Tanda-Tanda Kompresor AC Mobil Rusak, Wajib Tahu!

Sudah bau, membersihkannya pun juga sulit. Kalau memang ingin kondisi AC mobil tetap wangi, sebaiknya hindari merokok di dalam mobil dan selalu jaga kebersihan kendaraan.

3. Pewangi kualitas rendah

Pengendara mobil memasang pewangi atau parfum mobil di bagian AC dengan tujuan agar berfungsi untuk memberikan aroma yang enak dihirup, namun pewangi bisa juga memunculkan bau tak sedap.

Alasan utamanya karena kualitas pengharum sangat rendah. Kadar alkohol yang tinggi juga bisa membuat AC mengeluarkan bau asam.

Untuk itu perhatikan pewangi yang digunakan. Jangan sampai kadar alkoholnya terlalu tinggi serta pilih yang berkualitas baik.

4. Ventilasi jendela buruk

Saat berkendara kadang tercium bau asap knalpot atau sampah dari luar. Ini karena kualitas ventilasi yang buruk, berbagai bau dari luar mobil bisa masuk ke dalam kabin.

Hal ini pasti akan membuat orang yang di dalam mobil merasa tidak nyaman selama perjalanan.

 Ilustrasi

5. Bangkai binatang

Penyebab mobil bau juga bisa karena ada bangkai binatang.

Tidak dapat dimungkiri, ketika mobil diparkir semalaman, bisa saja ada binatang seperti tikus, cicak, atau kecoa yang masuk ke dalam mobil.

Jika sudah mati, maka bisa dipastikan muncul bau bangkai yang sangat menusuk hidung. Jika muncul bau, sebaiknya cek beberapa bagian mobil untuk mencari titik bangkai binatang itu berada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini