Taksi Tanpa Kemudi Hadir 10 Tahun Lagi

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 52 2491286 taksi-tanpa-kemudi-hadir-10-tahun-lagi-OxsPscLF8B.jpg Peter Rawlinson (Euronews)

LUCID Group Inc akan mengembangkan robottaxi atau mobil taksi tanpa kemudi yang dikendalikan robot. Mobil tersebut akan disematkan teknologi serta fitur canggih swakemudi. Tapi, pemasarannya secara massal tak bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Kepala Eksekutif Startup Mobil Listrik Lucid Group Inc, Peter Rawlinson mengatakan bahwa robottaxi akan hadir paling cepat pada 10 tahun ke depan.

Baca juga: Nganggur Akibat Pandemi, Taksi-Taksi Ini Akhirnya Dipakai untuk Bertani

“Saya pikir kita 10 tahun sebelum kita melihat armada robotaxi. Mereka tidak akan datang dalam waktu dekat bahkan dengan sistem penginderaan paling canggih di dunia,” kata Rawlinson seperti dilansir dari Autoblog, Senin (25/10/2021).

Mantan chief engineer Tesla Inc mengatakan kepada Reuters di KTT Otomotif bahwa selama satu dekade rencana pembuat mobil tersebut terus berinovasi mengembangkan dengan baik fitur tersebut sebelum robottaxi dioperasikan. Hal ini tentunya dikarenakan dalam tahapan pengembangan perangkat lunak diperukan waktu yang tidak sebentar.

"Ada tantangan sulit untuk didaki, tantangan intelektual dalam hal perangkat lunak," Tambahnya , tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Baca juga: Kiat Hindari Kejahatan dalam Taksi

Sebelumnya mantan bos dari Peter Rawlinson saat masih bekerja ditesla pada saat itu yakni Elon Musk, CEO Tesla Inc, mengatakan bahwa pada tahun 2019 robotaxi tanpa pengemudi manusia akan tersedia di beberapa pasar Amerika Serikat pada 2020. Namun statement tersebut dinilai tidak terbukti dan tidak akurat.

Meskipun Tesla saat ini sudah memiliki fitur “Full Self Driving” dengan tagline berjanji untuk memberikan lebih banyak fitur di masa depan, namun kali ini akan nampaknya Tesla akan tersalip dengan saingan barunya yakni mobil Listrik Lucid.

Ilustrasi

Pasalnya mobil Lucid Air dilengkapi dengan sejumlah sensor termasuk 14 kamera dan satu lidar yang berguna sebagai arahan dalam menerapkan pengendalian kemudi otonom.

"Ini adalah sistem yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal kecanggihan teknisnya EV Lucid Air, dilengkapi dengan sejumlah sensor termasuk 14 kamera dan satu lidar,” kata Rawlinson.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini