5 Cara Mencegah Motor Mogok saat Musim Hujan

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 53 2491272 5-cara-mencegah-motor-mogok-saat-musim-hujan-tcJySlBnEo.jpg Ilustrasi (Okezone)

MEMASUKI musim penghujan tentu banyak hal yang mesti dipersiapkan mulai dari kesehatan fisik, peralatan seperti jas hujan dan juga kondisi sepeda motor Anda.

Pasalnya air hujan kerap rentan terhadap mesin motor Anda. Jika tidak dipersiapkan maka tentu akan dapat terjadi hal yang tidak di inginkan seperti mogok di jalan.

Baca juga:  Motor Mogok Usai Dicuci, Cek Tiga Bagian Ini

Hal tersebut pastinya akan sangat merepotkan dan menghambat perjalanan Anda. Oleh sebab itu persiapkan kondisi motor Anda untuk mencegah terjadinya mogok di jalan.

Melansir dari Astra Motor, berikut 5 tips pencegahan motor mogok saat memasuki musim ujan.

1. Cek kondisi busi dan cangklongannya

Ini merupakan hal pertama yang wajib Anda cek pada motor Anda ketika memasuki musim hujan. Pasalnya busi berfungsi untuk menciptakan percikan api yang membantu proses pengapian pada ruang bakar. Jika komponen ini terkena air maka motor pastinya akan mengalami mogok dan sulit di nyalakan.

Periksa pula cangklonganya, jika terdapat kondisi sudah getas maka segera ganti dengan yang baru untuk mecegah terjadinya busi kemasukan air.

2. Periksa kondisi karburator

Hal kedua yang perlu diperhatikan pada motor Anda selama memasuki musim ujan yaitu dengan memeriksa kondisi karburator. Umumnya kerap di temui motor mogok disebabkan karena masuknya air dalam sistem karburator.

Terdapat cara sederhana yang dapat Anda lakukan ketika terdapat air yang masuk dalam karburator. Caranya dengan menutup kran saluran bensin dari tangki ke karburator, lalu putar baut pembuangan dengan posidi berlawanan arah jarum jam. Kemudian biarkan air tersebut keluar lalu buka kembali kran dan putar baut searah jarum jam dengan maksimal.

Baca juga:  Risikonya Fatal, Ini 4 Alasannya Jangan Menyalip Kendaraan Lain di Tikungan!

Jika cara itu merepotkan maka segeralah kebengke untuk melakukan perbaikan supaya motor dapat dihidupkankembali 

3. Cek knalpot motor Anda

Jika musim hujan tiba air yang terciprat atau tergenang bisa saja memasuk dan membasahi knalpot Anda loh. Kondisi seperti itu dapat menyebabkan motor mogok.

Untuk memastikan knalpot Anda tidak kemasukan air maka gunakan bantuan standar tengah serta kayu penyangga. Kemudian Anda tinggal menunggu air tersebut keluar. Maksimalkan cara tersebut dengan menyalakan motor Anda agar air keluar dengan cepat.

4. Periksa kondisi kelistrikan

Kelistrikan pastinya sangat rentan bila terkena air. Terutama air hujan yang memiliki zat asam. Hal itu tentunya tidak hanya membuat motor Anda mogok saja, namun diperparah dengan timbulnya konslet, karat dan korosi pada sistem kelistrikan. Seperti terutama pada kedua kutup aki. Jika itu dibairkan maka dapat menghambat arus kelistrikan pada motor.

 Ilustrasi

5. Panaskan terlebih dahulu sebelum digunakan

Hal ini merupakan langkah Pencegahan motor mogok saat memasuki musim hujan. Pasalnya dengan memanaskan motor, Anda dapat tahu kondisi motor saat ini. Jika mudah dinyalakan dan putaran gas terasa langsam tanpa hambatan seperti brebet, itu menandakan bahwa kondisi motormu bekerja denga baik dan normal.

Namun akan berbeda jika sulit dinyalakan atau terjadi brebet dan setelan gas tidak normal maka memungkinkan ada air yang masuk dan terperangkap pada komponen mesin motor Anda. Periksalah keempat point berikut atau bawalah kebengkel untuk melakukan perbaikan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini