Tak Perlu Bawa ke Bengkel, Ini 9 Cara Servis Motor Sendiri di Rumah

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 53 2491301 tak-perlu-bawa-ke-bengkel-ini-9-cara-servis-motor-sendiri-di-rumah-EpS62hVUTx.jpg Ilustrasi (Hirerush)

SEPEDA motor perlu diservis secara berkala agar kondisinya awet dan performanya terjaga. Namun, kadang tak sempat membawa ke bengkel karena terlalu sibuk atau malas jadi kendala membuat motor tak rutin mendapatkan servis.

Sebenarnya, servis motor bisa dilakukan sendiri di rumah, tanpa perlu repot-repot bawa ke bengkel. Di sela waktu luang Anda bisa melakukannya. Caranya sederhana saja asal peralatannya cukup.

Baca juga:  Jangan Cuci Motor saat Mesin Lagi Panas, Ini 4 Alasannya

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut cara servis motor sendiri di rumah :

1. Persiapkan alat dan kunci

Dalam melakukan service motor sendiri di rumah ada baiknya lengkapi alat dan kunci-kunci. Hal itu sangat berguna untuk membongkar seperti body motor, baut mesin dll. Pastikan semua alat-alat lengkap.

2. Periksa filter udara

Hal yang sederhana yang dapat Anda lakukan terlebih dahulu dengan memeriksa filter udara motor Anda. Sebab komponen ini sangat penting untuk menyaring kotoran yang dapat menghambat ruang bakar Anda. Maka dari itu lakukan pembersihan secara berkala. Jika sudah kotor lebih baik lakukan penggantian dengan filter udara baru.

3. Bersihkan karburator

Service ini dilakukan bagi Anda yang memiliki motor dengan menggunakan sistem pembakaran karburator. Pastikan membongkar komponen ini dengan benar dan bersihkan secara berkala dengan menggunakan bensin. Untuk hasil maksimal lakukan kembali pembersihan hal tersebut dengan menggunakan cairan khusus carburator cleaner.

 Baca juga: 7 Penyebab Motor Brebet Bahkan Sulit Dihidupkan Lagi jika Mati Mendadak

4. Cek kondisi busi

Komponen busi juga perlu perhatian khususnya saat melakukan service motor berkala di rumah. Gunakan sikat kawat dan cairan pembersih khusus untuk merontokan sisa pembakaran yang menempel pada busi. Jika tetap kotor maka gantilah komponen busi dengan yang baru untuk suplai api lebih maksimal.

5. Bersihkan ruang bakar

Langkah selanjutnya dalam melakukan service motor sendiri dirumah yaitu dengan membersihkan ruang bakar. Cara tersebut berlaku untuk pengguna motor tipe injeksi.

Caranya cukup dengan bersihkan ruang bakar dengan menyemprotkan cairan khusus kedalam lubang vakum yang terletak di dalam box filter udara. Hal itu berguna untuk merontokan kotoran dan residu yang menempel pada ruang bakar. Cara itu menjamin bersih dan membuat tarikan motor normal kembali.

6. Ganti oli

Langkah berikut ini mutlak Anda lakukan jika sedang melakukan service berkala. Pasalnya oli merupakan peranan penting untuk membuat kondisi motor Anda tetap awet dan optimal. Maka dari itu lakukan penggantian oli secara berkala. Gunakan oli sesuai sae dan rekomendasi pabrikan setiap 1.500-2.000 kilometer.

7. Cek rantai

Cara ini hanya berlaku bagi Anda pemilik motor bebek maupun moge dengan sistem penggunaan rantai. Rawatlah rantai secara berkala terutama pada saat melakukan servis motor sendiri di rumah.

Ilustrasi

Lakukan penyetelan rantai bila terdapat kendor serta berikan pelumas khusus rantai. Langkah tersebut berguna untuk menjaga rangai tetap awet, tidak kering dan terlumasi dengan maksimal.

8. Periksa aki

Cara ini diperuntukan bagi Anda pemilik motor yang menggunakan aki tipe basah. Dapat di lihat dengan mengintip takaran air aki. Jika dikit maka tambahkan air khusus aki hingga penuh. Langkah tersebut dilakukan untuk memperpanjang usia aki motor Anda.

9. Cuci motor Anda

Hal ini dilakukan untuk membersihkan kotoran, sisa-sisa oli yang menempel pada handle motor, rantai, body dan selah-selah tersempit motor Anda. Mencuci motor merupakan bentuk dari perawatan secara berkala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini