Siap-Siap, Honda Segera Luncurkan Motor Listrik Perdana

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 53 2491932 siap-siap-honda-segera-luncurkan-motor-listrik-perdana-cDUYfYV2E0.jpg Honda (Ist)

HONDA akan menghadirkan sepeda motor listrik pertamanya di dunia. Perusahaan otomotif asal Jepang tersebut bakal menguji kelayakan motor itu pada akhir 2021, jika lulus tes, maka diluncurkan pada 2022.

CEO sekaligus Presiden dan Redaktur Pelaksana HMSI, Atsushi Ogata mengatakan bahwa motor ini telah memasuki segmen EV seperti motor elektrik kebanyakan yang dibuat oleh produsen lain.

Namun yang berbeda adalah motor besutan Honda dibuat dengan mengkantongi dukungan insentif dari pemerintah dan investasi infrastruktur yang ramah lingkungan dan terbarukan.

Baca juga: Motor Listrik Ramah Lingkungan, Bodi dan Joknya Terbuat dari Serat Tumbuhan

Hal ini dilakukan oleh pihak perusahaan bertujuan untuk memajukan era elektrifikasi dan kelayakan skuter listriknya dengan mitra dealernya, setelah melakukan diskusi rinci dengan perusahaan induknya Honda Motor Company di Jepang.

Selain itu , Atsushi Ogata mengatakan bahwa pelanggan semakin mulai menggunakan EV untuk perjalanan singkat di lingkungan kota, namun untuk perjalanan jarak jauh dan daerah pedesaan, kendaraan mesin pembakaran internal memiliki keunggulan.

Ilustrasi

"Beberapa pelanggan menggunakan kendaraan roda dua listrik untuk perjalanan yang sangat singkat atau kondisi jalan yang sangat datar di kota-kota besar. Jadi pelanggan seperti itu sudah mulai mempertimbangkan opsi seperti itu," kata Ogata seperti dilansir dari Hindustan Times, Selasa (2/10/2021).

Baca juga: Dijuluki The Sukodo, Begini Konsep Motor Listrik Tesla

Ogata mencatat bahwa bahwa tidak akan ada perubahan drastis dari mesin ICE ke EV dalam waktu dekat. Sepeda motor listrik yang dibuat pertama kali oleh Honda nantinya akan memulai debutnya terlebih dahulu untuk pasar India.

“Kami sedang mempertimbangkan (sebuah EV) karena kami memiliki pengetahuan teknologi EV sejak beberapa dekade terakhir, jadi mengapa tidak mempertimbangkannya untuk pasar India,” tambahnya .

Bukan itu saja, perusahaan juga akan berencana memanfaatkan peluang dalam sistem manajemen baterai di dalam negeri berkat dorongan pemerintah India untuk memajukan teknologi bersih di sektor otomotif.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini