Agar Cepat Mahir, Ini 7 Langkah Mudah Belajar Mengendarai Motor Kopling

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 53 2491944 agar-cepat-mahir-ini-7-langkah-mudah-belajar-mengendarai-motor-kopling-W2QFz47Meg.jpg Ilustrasi (Okezone)

MENGENDARAI motor kopling akan memberikan sensasi dan pengalaman berbeda. Bagi sebagian orang, membawa motor kopling terkesan lebih macho dibandingkan motor bebek atau motor matik.

Pengendalian transmisi motor kopling dengan yang lain sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja motor kopling memiliki transimisi manual yang dipadukan dengan kopling. Sementara untuk bebek hanya menggunakan perpindahan gigi manual saja serta matic memiliki perpindahan gigi otomatis hanya tinggal gas.

Namun dalam cara mengendarai motor kopling bagi pemula nyatanya susah susah gampang. Butuh edukasi mendalam, konsentrasi dan juga feeling yang pas untuk dapat menguasai kopling, gas dan rem secara bersamaan.

Baca juga: Yuk Belajar Mengendarai Motor Kopling Manual, Begini Langkah-langkahnya

Jika mau belajar mengendarai motor kopling, berikut 7 tips yang bisa Anda praktikkan sebagaimana dilansir dari Astra Motor, Selasa (26/10/2021) :

1. Pahami sistem cara kerja kopling

Cara pertama dalam mengendarai motor kopling bagi pemula yakni dengan mengenai terlebih dahulu sistem dan cara kerja kopling. Tuas kopling itu sendiri terletak di sebelah kiri stang motor, sedangkan rem berada di sebelah kanan.

Kopling sendiri berfungsi untuk memindahkan transmisi gigi secara halus. Ketika Anda mulai menekan pedal kopling secara penuh maka lempeng kopling akan di tahan oleh kampas rem hingga berhenti. Pada saat itulah Anda bisa memindahkan gigi transmisi pada motor kopling Anda.

 Ilustrasi

2. Lepaskan kopling secara perlahan dari cengkraman Anda

Perhatikan dengan teliti sistem mekanisme dalam melepaskan kopling motor Anda. Untu

Cara untuk dapat mengendarai motor kopling bagi pemula dengan halus maka cara nya lepaskan kopling secara perlahan. Hal itu akan berbeda ketika Anda melepaskan kopling dengan cepat maka laju motor terdapat hentakan dengan cepat pula.

Baca juga: 9 Perangkat Keselamatan Wajib Dikenakan Pembalap MotoGP, Apa Saja?

3. Kenali karakter motor kopling Anda

Walaupun mekanisme konsep dan cara penggunaan motor kopling semuanya sama namun Anda tetap perhatikan katakteristik motor kopling Anda sendiri. Pasalnya semakin besar kapasitas mesin motor memiliki laju dan hentakan yang berbeda. Gunanya memahami karakter motor yaitu sebagai penyesuaian diri terhadap cara berkendara Anda.

4. Pahami sistem kerja engine brake

Motor kopling saat unggul dalam sistem kerja engine brake. Dimana laju motor akan perlahan berhenti karena terjadi pengereman yang dilakukan oleh mesin. Ini menjadi unggulan saat Anda berjalan dengan kecepatan tinggi.

Namun sayangnya masih banyak penggunaan engine brake yang salah khususnya bagi pengguna motor pemula. Biasanya engine brake dilakukan dengan menekan kopling.

Hal itu akan sangat berbahaya karna laju motor akan tidak terkontrol dan Blong. Maka dari biasakan diri untuk menekan pedal kopling saat ingin berhenti maupun pada kecepatan rendah.

5. Lakukan perpindahan kopling pada torsi optimal

Dalam mengendarai motor kopling yang baik dan optimal usahakan mengganti gigi pada putaran torsi maksimal. Lakukan penggantian gigi pada 2500-3000rpm untuk mengendalian yang halus dan tidak merusak motor.

Pasalnya melakukan perpindahan gigi dalam rpm tinggi hanya akan merusak komponen mesin dan juga membuat motor Anda menjadi boros.

 

6. Atur penggunaan gas

Penggunaan gas pada motor kopling sangat penting untuk kehalusan laju berkendara Anda. Jangan biasakan untuk melepaskan kopling secara perlahan bersamaaa dengan bukaan gas yang dalam. Hal itu akan memicu hentakan keras yang pastinya akan berbahaya bila Anda belum menguasai secara benar.

7. Tingkatkan penggunaan motor kopling dengan aman

Ketika Anda sudah memahami dan dapat mengontrol arah laju kendaraan motor kopling Anda. Maka terdapat tugas satu lagi yakni mamaksimalkan gaya berkendara Anda.

Hal tersebut nantinya akan terjadi penyesuaian dan feeling yang pas antara pengemudi dan juga motor itu sendiri. Tetap petuhi peraturan lalu lintas dan berkendaralah dengan safety riding yang aman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini