Kaca Mobil Retak Tak Perlu Diganti, Ini 4 Cara Memperbaikinya

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 52 2492478 kaca-mobil-retak-tak-perlu-diganti-ini-4-cara-memperbaikinya-0LWThbHVhC.jpg Kaca mobil (Icebergwindows)

KACA mobil merupakan peranan penting bagi sebuah kendaraan bermobil. Pasalnya kaca berguna untuk terhindari dari angin, paparan sinar matahari dan juga air yang masuk dalam kabin mobil. Maka dari itu harus dilakukan perawatan untuk membuatnya tetap maksimal.

Namun apabila terjadi kaca mobil Anda mengalami keretakan seperti kejatuhan buah dari pohon, memuai ataupun terkena bentura pastinya akan mengurangi kemanan dalam berkendara.

Hal tersebu tidak hanya menggangu pandangan saja, kaca yang retak atau tergores tentu akan membuat Anda was-was tertutama saat memasuki musim pengujan seperti sekarang ini.

Baca juga: Kaca Lampu Mobil Kerap Berembun Saat Hujan, Ini Penyebabnya

Jika Anda bertanya apakah dapat diperbaiki. Untungnya hal tersebut tentu bisa pastinya mengingat banyak bengkel modern yang ahli dalam melakukan perbaikan kaca mobil retak panjang.

Sebab cara ini akan jauh lebih efisien dan ekonomis ketimbang Anda mengganti kaca secara keseluruhan dengan yang baru. Selain mahal dan lama tentu tingkat originalitas pada mobil Anda akan berkurang.

Maka dari itu apabila mobil Anda mengalami keretakan sehelai rambut pada kaca dan ingin memperbaikinya. Perhatikan ulasan berikut cara memperbaiki kaca mobil retak panjang seperti sehelai rambut yang dilansir dari Auto2000, Rabu (27/10/2021) :

1. Bersihkan kaca

Langkah pertama dalam memperbaiki keretakan kaca yaitu dengan cara melakukan pembersihan. Pastikan tidak ada kotoran, debu maupun pasir yang menempel pada ruang lingkup kaca yang retak.

Baca juga: Cara Rawat Kaca Film di Mobil, Jangan Pernah Gunakan Pembersih Beralkohol

Kotoran tersebut pastinya akan mengganggu proses pemerataan pada saat menyuntikan cairan khusus kaca (resin) kedalam retakan

2. Lakukan pengeboran

Lakukan dengan hati-hati dalam pengeboran kaca. Ketika kaca sudah dipastikan bersih lalu buatlah lubang dengan bor secukupnya saja dan buatlah disepanjang retakan. Bor difungsikan untuk membuat lubang untuk proses penyuntikan resin kedalam lubang tersebut.

3. Masukan cairan resin

Ini menjadi bagian inti dari perbaikan retakan kaca sehelai rambut yakni menyuntikan cairan resin kedalam lubang yang telah dibor sepanjang retakan tersebut. Setelah dilakukan penyuntikan biarkan hingga cairan resin tersebut mengeras.

ilustrasi

4. Ratakan cairan resin tersebut

Cairan khusus kaca atau resin memang diperuntukan untuk memperbaiki kaca yang retak. Apabila sudah dipastikan mengeras pastinya retakan tersebut akan hilang dan tampak mengecil.

Ulangi langkah tersebut untuk dapat memastikan retakan sehelai rambut pada kaca mulai hilang. Setelah dipastikan hilang jemur mobil ke sinar UV supaya cepat kering, Ketika sudah kering lakukan pembungkusan dengan menggunakan kaca film.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini