Kenali 4 Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi Usai Pedalnya Diinjak

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 52 2493078 kenali-4-penyebab-rem-mobil-tidak-balik-lagi-usai-pedalnya-diinjak-YGyOdPshgf.jpg Pedal rem mobil (Diversedguru)

REM mobil merupakan komponen terpenting. Fungsinya sangat vital dalam menghentikan laju kendaraan. Jangan sampai komponen rem tidak berjalan dengan optimal, karena bisa berakibat fatal seperti kecelakaan.

Rem terkang bisa masalah seperti blong atau tidak mau balik ke posisi semula setelah pedalnya diinjak. 

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Rem Mobil Ambles, Ini 3 Cara Mengatasinya

Dilansir dari dari Auto2000, Kamis (28/10/2021), berikut penyebab rem mobil tidak balik:

1. Timbul karat pada rem

Hal pertama yang jadi penyebab rem mobil tidak bisa balik keposisi semula yaitu timbulnya karat pada rem. Jika terjadi kondisi seperti itu maka rem akan menjadi susah di gerakan alias seret. Belum lagi tercampur kotoran, debu, pasir, tanah, panas , lumpur maupun air hujan yang bergabung menjadi satu.

Biasanya akan terjadi timbulnya vapour lock yang artinya kondisi dimana udara terjebak pada rem, sehingga dapat menyebabkan komponen besi pada rem dapat berkarat. 

2. Tidak menggunakan rem dalam waktu lama

Komponen rem yang lama waktu tidak digunakan maka akan mengurangi fungsi pada rem itu sendiri. Hal itu terjadi karna faktor perubahan suhu dan kelembaban. Biasanya di temui ciri-ciri seperti timbul karat pada bagian cakram.

Baca juga: Bisa Cegah Kecelakaan, Ini 3 Fungsi Utama Kampas Rem Mobil

Alhasil kinerja rem tidak bekerja secara maksimal dalam memberentikan laju kendaraan. Tidak hanya itu saja minyak rem juga aka mengalami penurunan kualitas dan titik didihnya.

3. Setelan rem terlalu rapat

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa sistem kinerja pada rem membutuhkan ruang gerak untuk memaksimalkan pengeremannya. Maka dari itu lakukan penyetelan dengan memberinya sedikit ruang untuk bergerak. Hindari untuk menyetel rem terlalu rapat.

Ilustrasi

4. Rem sudah kedaluarsa

Semua kompone pada kendaraan tentu memiliki usia umur pakai. Tak terkecuali pada rem. Meskipun diketahui ketebalan masih padat namun karet pada bahan baku rem itu sendiri sudah mengalami penurunan kualitas. Umumnya terjadi seperti karet yang sudah kaku dan mengeras.

Situasi tersebut dapat menimbulkan rem tidak bisa balik keposisi semual. Sebab piston rem hanya bergerak pada satu posisi saja sehingga pergerakannya menjadi terkunci dan tidak fleksibel. Tidak ada cara selain mengganti komponen rem dengan yang baru bila ditemui komponen karetnya sudah mengeras.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini