Mahasiswa Ini Bikin Mobil Camper Van Tenaga Matahari Pertama di Dunia, Begini Wujudnya

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 52 2493130 mahasiswa-ini-bikin-mobil-camper-van-tenaga-matahari-pertama-di-dunia-begini-wujudnya-aTI0WiPfRj.jpg Mobil camper van tenaga surya Stela Vilta (Hotcars)

SEKITAR 22 mahasiswa dari Universitas Teknologi Eindhoven di Belanda membuat camper van tenaga surya. Mobil ramah lingkungan dinamakan Stella Vita itu diklaim memiliki kemampuan jarak tempuh lebih dari 430 mil atau 692 Km.

Melansir dari Hotcars, Kamis (28/10/2021), mobil tersebut merupakan camper van bertenaga surya pertama di dunia. Model ini mendapatkan energinya dari dua panel surya besar dan membentang dibagian atas serta dapat diintegrasikan melalui pengangkat.

Baca juga: Ini Dia Mobil Konsep Perkemahan Terbaru, Cocok Buat yang Hobi Solo Traveling

Panel surya yang dapat diakses dan diperpanjang tersebut dapat memberikan luas permukaan sekitar 57,4 meter persegi. Permukaan panel surya yang besar itu berutujuan untuk lebih banyak menyerap energi matahari.

Melihat bentuk penampilan dari fascia menonjolkan kaca depan lebar yang memanjang hingga menjadi bagian dari atap. Lampu depannya juga mendapatkan desain yang futuristik memanjang ke samping.

Kemudian pada bagian belakang van ini memiliki jenis pintu coach doors (berlawanan arah) yang dapat dibuka hingga sudut maksimal 90derajat.

Paling menarik yaitu terletak dari bagian interiornya. Bagian dalamnya tampak seperti versi Recreational Vehicle (RV) dengan ruang yang cukup untuk tidur, memasak, dan bekerja. Camper van ini hadir dengan interior besar untuk menampung dua penumpang dewasa.

Baca juga: China Akhirnya Keluarkan Aturan Baru Dukung Kendaraan Hidrogen

Terdapat berbagai ruang ini yang perlukan untuk kendaraan kemping yang praktis, seperti pancuran, tempat tidur ganda, kamar mandi, sofa, wastafel, toilet, dan area dapur.

Kemudian beranjak pada hal paling krusial yakni sistem panel surya dalam mobil ini. Diketahui panel surya besar campervan karya mahasiswa Belanda telah dibekali dengan batera berdaya 60 kWh.

Menurut laporan terbaru dibutuhkan waktu antara 2 hingga 3 hari agar van kemping mencapai muatan enegi penuh.

Meskipun biasanya mobil bertenaga surya bisa terus melaju karena energi dapat tersalurkan terus menerus. Tapi untuk pengisian lebih maksimal dalam perjalanan maka dilakukan pemberhentian terjadwal. Hal itu dapat memungkinkan panel surya menambahkan lebih banyak daya ke paket baterai.

Ilustrasi

Pengaturan tenaga surya campervan ini dapat menghasilkan kilowatt yang cukup untuk mendorong Anda sejauh 729km pada hari yang cerah. Tim mengatakan van mampu menghasilkan 60-70% energi pada hari berawan.

Berkat penyimpanan daya yang sangat besar, camper van tersebut seharusnya dikendarai selama jam-jam malam dan tanpa adanya sinar matahari langsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini