4 Fitur Canggih yang Mubazir pada Mobil, Apa Saja?

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 52 2493136 4-fitur-canggih-yang-mubazir-pada-mobil-apa-saja-8MlScmCKzl.jpg Ilustrasi mobil otonom (Istimewa)

INDUSTRI otomotif menghadirkan banyak kejutan semisal fitur canggih pada mobil-mobil terbaru yang diproduksinya. Tapi, kadang fitur modern dan futuristik tersebut mubazir atau tak terlalu dibutuhkan.

Mobil saat ini hadir dengan berbagai kecanggihan yang ditawarkan dalam bentuk fitur yang mungkin terlihat menarik dan inovatif, akan tetapi tidak terlalu berguna.

Tapi, terkadang mengaktifkan fitur-fitur tersebut dalam waktu lama justru pemborosan.

Baca juga: Mengenal Fitur dan Teknologi Unik Hyundai Santa Fe

Maka, perlulah Anda memilah fitur kepraktisan pada mobil yang berguna untuk mobilitas sehari-hari.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa fitur yang tidak diperlukan di mobil Anda.

1. Mengemudi otonom (otomatis)

Salah satu sektor teknologi paling mengganggu yang disaksikan industri otomotif global dalam beberapa tahun terakhir ini adalah teknologi self-driving autonomous (mengemudi otomatis).

Sementara berbagai pembuat mobil menggunakan sejumlah teknologi semi-otonom yang membantu pengemudi pada mobil mereka, beberapa merek mobil sedang mengerjakan teknologi mengemudi sepenuhnya otonom yang akan membuat pekerjaan pengemudi menjadi mudah. Namun perlu Anda ketahui bahwa fitur tersebut sebenarnya tidak dibutuhkan di mobil Anda.

Pasalnya pemilik mobil pastinya sudah mahir mengemudikan mobil tanpa perlu alat dan teknologi canggih tersebut. Selain itu Anda sebagai manusia tidak dianjurkan untuk begitu percaya 100% pada kecanggihan mengemudi otomatis.

Baca juga: Ini Deretan Motor dan Mobil Baru Diprediksi Mengaspal di Indonesia 2021

Hal tersebut dikarenakan banyakanya kasus kecelakaan yang menimpa seorang pengemudi yang sangat begitu percaya sampai mengadalkan teknologi menyetir otomatis tersebut didalam aktivitasnya sehari-hari.

2. Head up display

Saat ini dibanyak pembuat sudah menyematkan fitur head up display pada line up model terbarunya. Fitur ini menempatkan tampilan berbasis augmented reality di kaca depan. Fiturnya pasti tentu terlihat keren dan canggih, akan tetapi Anda pun juga dapat dengan mudah mengendarai mobil Anda tanpa menggunakannya.

Hal ini dapat bertindak sebagai opsi atau pengalih perhatian. Pasalnya Menambahkan tampilan head-up juga menambah biaya kendaraan menjadi lebih mahal .

3. Pembelian infotainment system

Mobil dengan sistem infotainment yang menawarkan kemampuan membeli kepada pemiliknya adalah sesuatu yang meningkatkan ide ini. Namun, fitur ini bukan yang penting.

Pasalnya masih banyak pengemudi yang merasa terganggu dengan sistem infotaiment meskipun tampak modern, akan tetapi tersimpan mekanisme penggunaanya juga makin susah.

Ilustrasi

4. Fitur biometrik

Kunci pintu yang diaktifkan melalui data biometrik tampaknya merupakan fitur yang sangat keren untuk mobil. Akan tetapi hal ini tidak perlu membuat sistem mobil lebih kompleks. Sebab hadirnya fitur tersebut tentu akan meningkatkan risiko pencurian data.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini