Share

Melindungi Sepenuh Hati, Mobil Listrik Berteknologi Self-Driving

Agustina Wulandari , Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 15 2497214 melindungi-sepenuh-hati-mobil-listrik-berteknologi-self-driving-O7stO8bNVS.jpg Mobil listrik berteknologi self-driving. (Foto: Dok.Hyundai Motors Indonesia)

Dengan adanya mobilitas yang cukup tinggi, keselamatan dalam berkendara tentu menjadi hal utama yang diperhatikan. Oleh karena itu, adanya fitur keamanan yang terdapat di dalam mobil menjadi salah satu aspek yang wajib ada dan dipertimbangkan oleh para penggunanya. Umumnya, adanya sabuk pengaman dan airbag system.

Selaras dengan visi Hyundai yaitu memenuhi setiap kebutuhan untuk mobilitas yang maksimal dengan Driving Meaningful Innovation maka Hyundai sebagai salah satu brand mobil menciptakan inovasi teknologi yang diyakini dapat memudahkan pergerakan manusia salah satunya dengan menambahkan fitur autonomous driving.

Baca Juga: Ini Tips Mengemudi Aman bagi Perempuan, Singkirkan High Heels dan Jangan Dandan

Fitur autonomous driving ini bahkan sudah disematkan di beberapa produk yang ada di Indonesia untuk menunjang keselamatan berkendara. Fitur inilah yang membantu meningkatkan keselamatan saat berkendara.

Fitur teknologi Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), di mana fitur ini dapat membantu Anda saat keluar dari jalur parkir paralel dengan mendeteksi mobil yang melaju dan mendekat. Fitur ini akan memberikan peringatan melalui LED di kaca spion yang menyala.

Bagi pengendara terdapat beberapa spot yang tidak dapat terlihat melalui kaca spion. Untuk itu, terdapat fitur keamanan berupa Blind Spot Collision Warning (BCW) di mana terdapat sensor pada bumper belakang untuk mengingatkan pengemudi jika terdapat kendaraan lain yang berada di dekat mobil Anda.

Ada juga Electro Chromic Mirror yang merupakan sensor untuk mendeteksi sorot lampu dari belakang kendaraan dalam situasi kurang pencahayaan. Sensor ini akan meredupkan rear-view mirror secara otomatis.

Selain itu, ada juga fitur Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) yang memperingati pengendara apabila terdapat kendaraan di belakang yang mendekat saat mobil berjalan mundur. Ketika fitur ini aktif, mobil bisa saja melakukan pengereman darurat jika diperlukan.

Tidak hanya sensor untuk kendaraan yang berada di belakang, fitur keselamatan saat ini juga dapat memperingatkan pengendara apabila adanya resiko benturan kendaraan di depan mobil dengan fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Autonomous driving sendiri masih terus dikembangkan oleh Hyundai Motors Indonesia agar dapat digunakan di masa mendatang.

Dunia teknologi otomotif tampaknya selalu berinovasi untuk keamanan dan keselamatan para penumpangnya. Salah satunya, Bluelink Technology yang tengah dikembangkan oleh Hyundai Motors Indonesia di masa yang akan datang nanti.

Teknologi ini digunakan untuk membantu para penggunanya agar tetap terhubung dengan kendaraan dari jarak jauh melalui gawai pintar kesayangan Anda. Bluelink Technology ini juga membantu para pelanggan Hyundai Motors Indonesia agar terhubung dengan call center semakin mudah.

Inovasi lainnya yang tengah dikembangkan oleh Hyundai Motors Indonesia ialah adanya robot pintar berkaki empat bernama SPOT yang merupakan kerjasama antara Hyundai Motor Group dengan Boston Dynamics. Robot pintar ini telah dikenalkan sejak awal September lalu di pameran Hyundai Motors Indonesia. Jangan khawatir, Anda bisa bertemu dan berkenalan dengan SPOT di Hyundai City Store dan rangkaian pameran Hyundai Motors Indonesia di berbagai mall nantinya.

Hyundai Motors Indonesia yang kerap mendengar dan merasakan para pengendara, di masa depan para pelanggan dapat melakukan built to order. Pada pelayanan ini, pelanggan dapat mempersonalisasikan kendaraan yang diminati dan dibutuhkan.

 

Foto: Hyundai Motors Indonesia

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang keunggulan lainnya dari mobil Hyundai Motors Indonesia, Anda dapat mengikuti media sosial Hyundai Motors Indonesia di Instagram @hyundaimotorindonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, Twitter @hyundaimotorid, dan YouTube Hyundai Motors Indonesia. Ikuti media sosialnya untuk mengetahui informasi terkini dari Hyundai Motors Indonesia.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini