Vanessa Angel Meninggal Kecelakaan, Ini 5 Tips Cegah Ngantuk saat Mengemudi

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 52 2497246 vanessa-angel-meninggal-kecelakaan-ini-5-tips-cegah-ngantuk-saat-mengemudi-q1uSfiVZDI.jpg Mengantuk saat mengemudi mobil (Physicalculturist)

ARTIS Vanessa Angel dan suaminya Bibi Andriansyah meninggal dalam kecelakaan tunggal di Tol Nganjuk arah Surabaya KM 672+400A, Jawa Timur, Kamis 4 November 2021. Penyebab kecelakaan mobil Pajero Sport Dakar tersebut diduga karena sopir mengantuk sehingga menabrak pembatas jalan.

Pengemudi mobil memang diwajibkan dalam kondisi fit. Jika mengemudi dalam keadaan mengantuk, maka bisa berakibat fatal seperti kecelakaan.

Baca juga: Mobil yang Digunakan Vanessa Angel Memiliki Beragam Fitur Canggih

Mengantuk sering dialami pengemudi saat perjalanan jauh. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut tips menghindari mengantuk saat mengendarai mobil :

1. Istirahat yang cukup sebelum perjalanan

Perlunya waktu istirahat untuk membuat Anda merasa vit dan tidak mengantuk saat melakukan perjalanan. Orang dewasa memerlukan istirahat tidur setidaknya 7-9 jam dalam satu hari. Jika Anda merasa kurang tidur sebaiknya lanjutkan istirahat Anda dan jangan melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan.

2. Perhatikan konsumsi makanan Anda

Dalam mengendarai mobil perlunya asupan nutrisi dan kalori yang cukup. Hal itu berguna untuk menghindari rasa ngantuk.

Baca juga: Vanessa Angel Kecelakaan, Yuk Pahami Bahaya Main HP saat Mengemudi Mobil

Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti sayur buah dan vitamin. Hindari mengemudi dengan mengkonsumsi obat, alkhohol . Hal ini akan menggangu konsentrasi saat mengemudi .

3. Mendengarkan musik atau siaran radio favorit Anda

Jika perjalanan jauh akan membuat Anda bosan dan nantinya menimbulkan efek ngantuk atau dapat disebut dengan microsleep. Maka cobalah menyetel playlist favorit Anda di dalam mobil dan mengobrol dengan penumpang sebelah Anda seperti teman atau keluarga untuk mengindari rasa lelah dan ngantuk dalam mengendari mobil.

4. Minum air yang cukup

Ketika mengendarai mobil banyak cairan dalam tubuh yang keluar dari dalam tubuh Anda. Hal itu dapat menyebabkan cairan tubuh menjadi berkurang. Cukupi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih yang banyak. Hindari mendongkraknya dengan suplemen berenergi.

Ilustrasi

5. Istirahat setiap 2-3 jam

Ketika hendak melalukan perjalanan jauh pastikan mencari titik lokasi aman untuk beristirahat. Sekedar untuk melakukan pergegangan kaki maupun istirahat sejenak. Pasalnya mengemudikan mobil harus diimbangi dengan kemampuan pengemudi.

Jangan memaksakan diri bila capek maupun ngantuk menghantui Anda saat perjalanan. Ini menjadi perhatian sangat penting mengingat pada mobil premium sudah disematkan fitur microsleep pada kendaraan untuk mendeteksi pengemudi hilang konsentrasi. Maka dengan sigap fitur tersebut akan memaksa Anda untuk menepi dan beristirahat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini