Share

Sopir Vanessa Angel Diduga Ngantuk sebelum Tabrak Pembatas, Berikut 3 Tips Cegah Microsleep saat Mengemudi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 06 November 2021 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 06 87 2497608 sopir-vanessa-angel-diduga-ngantuk-sebelum-tabrak-pembatas-berikut-3-tips-cegah-microsleep-saat-mengemudi-NnZSYn0m0i.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BERDASARKAN keterangan polisi, pengemudi mobil yang membawa Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah dalam kecelakaan maut di ruas Tol Jombang - Mojokerto, Jawa Timur pada Kamis 4 November 2021 disebabkan karena mengantuk.

Sang sopir, Tubagus Joddy mengaku mengantuk hingga tak sadar mobilnya menghantam beton pembatas jalan di sisi kiri dan terpelanting menuju jalur cepat.

Polisi juga menyebut bahwa kendaraan Pajero Sport putih itu melaju dengan kecepatan di atas 100 kilometer per jam dan tidak ditemukan tanda-tanda pengereman.

Kecelakaan yang disebabkan karena mengantuk sebenarnya kerap kali terjadi. Kondisi tubuh yang lelah membuat pengemudi menjadi mengantuk dan kerap hilang kesadaran selama beberapa saat. Situasi ini biasanya dikenal dengan microsleep.

Dalam salah satu unggah di akun Twitter pribadinya @tirta_cipeng, Influencer Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Tirta Mandira Hudhi menjelaskan tentang bahaya microsleep.

Baca juga: Mobil yang Digunakan Vanessa Angel Memiliki Beragam Fitur Canggih

Mobil Pajero Sport Vanessa Angel

(Mobil Pajero Sport Vanessa Angel, Foto: Ist)

"Nih, kamu tidur satu detik, bisa rentan meleng 27,77 meter jika kecepatan kendaraan 100 kilometer per jam. Inilah alesan dari dulu dokter edukasi manajemen 'kelelahan' karena tubuh biasa memberikan alarm kalau sudah lelah," terang dr. Tirta dalam penjelasannya.

Nah bagi Anda yang berkendara dan merasa sudah mulai lelah atau mengantuk, alangkah bijaksananya untuk tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanan. Sebab terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan agar seseorang terhindar dari microsleep, di antaranya:

1. Selama mengemudi cobalah perhatikan respons tubuh. Apakah pernah melakukan kesalahan kecil seperti salah menyalakan lampu sein atau sulit menjaga mobil tetap berada di jalurnya.

Berkaitan dengan kondisi fisik, amati pula apakah kepala dan kelopak mata terasa berat, atau bahkan kerap menguap dengan durasi yang cukup panjang dan kepala mengangguk tanpa sengaja?

Kalau sudah begini, daya refleks pasti akan menurun drastis dan koordinasi antaranggota tubuh ikut melemah. Seseorang jadi ragu dan sulit mengantisipasi potensi masalah yang terjadi di depan mata.

2.Tingkatkan kewaspadaan saat memasuki jam kritis atau saat telah mengemudi selama hampir tiga jam. Apalagi bila selama di perjalanan sering terkena macet yang cukup menguras stamina.

Segera berhenti mengemudi dan mintalah rekan atau keluarga lainnya untuk menggantikan. Anda bisa beristirahat untuk mengembalikan stamina dan melepas kantuk.

Baca juga: Vanessa Angel Kecelakaan, Cek Tips Berkendara Aman di Jalan Tol

3.Bila merasa sudah sangat lelah dan ingin menghindari microsleep karena tidak ada driver pengganti, maka jalan terbaik satu-satunya adalah berhenti dan beristirahat tidur.

Tidur dengan rentang waktu sekira 30 menit sudah cukup asalkan tidur Anda pulas. Berkunjung ke rest area bisa jadi pilihan lokasi terbaik saat melaju di jalan tol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini