4 Cara Sederhana Menghilangkan Jamur Membandel pada Mobil

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 08 November 2021 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 52 2498419 4-cara-sederhana-menghilangkan-jamur-membandel-pada-mobil-FEFzlkDCEC.jpg Membersihkan kaca mobil (Icebergwindows)

NODA jamur pada bodi mobil bukan hanya mengurangi tampilan, tapi juga dapat merusak cat mobil. Jamur bisa muncul di mobil karena terkena hujan lalu bagian yang basah dibiarkan tanpa dibersihkan. Lama-lama jamur tersebut membandel, artinya bisa sulit dihilangkan.

Maka sangat penting untuk selalu rutin mencuci mobil Anda supaya terhindar dari kotoran, debu maupun jamur.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Menghilangkannya Karat pada Mobil

Jika mobil Anda banyak noda jamur pada cat dan sulit dihilangkan, simak cara membersihkannya dengan sederhana sebagaimana dilansir dari Auto2000 :

1. Gunakan pasta gigi

Tips pertama merupakan langkah paling sederhana yang dapat Anda lakukan dirumah yaitu dengan menggunakan pastai gigi. Cukup dengan mengoleskan pasta gigi kebagian body mobil yang dihinggapi jamur. Kemudian gosok secara perlahan dan merata.

Setelah itu biarkan mengering beberapa menit. Lalu bilas dengan air dan lap body mobil dengan kain microfiber.

2. Gunakan alkohol

Tips kedua yang cukup mudah didapatkan di sekitaran rumah yaitu dengan menggunakan alkohol. Beli lah cairan alkohol 50% sampai 90% di toko kimia terdekat.

Baca juga: Mau Cat Mobil Selalu Mengkilap? Hindari 5 Kebiasaan Ini

Kemudian Anda bisa tuangkan pada kain microfiber yang lembut. Selanjutnya gosokan bahan itu ke bagian body yang terkena jamur hingga bersih. Kemudian lap kembali dengan menggunakan kain halus dan bersih untuk menyerap sisa alkohol pada cat.

3. Pakai air soda

Bahan ini memang terkenal ampuh untuk membersihkan komponen-komponen pada kendaraan , baik motor maupun mobil. Tak terkecuali jamur pada body mobil. Caranya yaitu dengan basahi kain dengan air soda lalu kemudian gosokan secara perlahan pada body mobil.

Gunakan teknik menggosok secara searah dan merata pada body mobil yang berjamur. Setelah itu bilas dengan air. Kembali lakukan cara tersebut hingga jamur mobil hilang. Setelah dipastikan pudar jamurnya makan keringkan menggunakan kain.

ilustrasi

4. Pakailah pemutih pakaian

Bahan ini tidak hanya bagus untuk memutihkan pakaian Anda loh. Akan tetapi ini juga dapat dipergunakan untuk menghilangkan jamur pada body mobil. Caranya dengan celup kain ke wadah air yang sudah direndam pemutih.

Kemudian gosokan kebagian body yang berjamur. Ulangi secara bertahap hingga terdapat hasil. Setelah itu bilas body itu dengan air bersih dan kemudian lap menggunakan kain halus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini