Kaca Mobil Berjamur? Ini 5 Cara Membersihkannya Tanpa Perlu Bawa ke Bengkel

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 10 November 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 52 2499610 kaca-mobil-berjamur-ini-5-cara-membersihkannya-tanpa-perlu-bawa-ke-bengkel-wfDXdUVuZ0.jpg Kaca mobil (Icebergwindows)

KACA mobil berjamur bisa mengganggu pandangan dalam mengemudi dan mengurangi tampilan mobil. Meski kadang sulit, tapi noda jamur membandel pada kaca bisa dihilangkan kok tanpa harus bawa ke bengkel atau salon mobil. Bagaimana caranya?

Baca juga: Kaca Mobil Retak Tak Perlu Diganti, Ini 4 Cara Memperbaikinya

Melansir dari beberapa sumber, berikut tips membersihkan kaca mobil yang berjamur :

1. Bersihkan kaca sesudah dipakai berkendara

Mobil yang digunakan dalam mobilitas sehari-hari umumnya pasti akan terkontaminasi dengan noda, cipratan air, kotoran dan lainnya. Maka dari itu rajinlah membersihkan kaca mobil setelah digunakan. Gunanya untuk mencegah kotoran yang menempel dalam waktu lama sehingga menjadi sulit dihentikan.

2. Gunakan pasta gigi

Membersihkan kaca mobil tidak selalu menggunakan bahan khusus pembersih. Cukup dengan menggunakan pasta gigi bisa membersihkan noda jamur secara menyeluruh.

Hal itu dikarenakan bahwa pasta gigi mengandung zat yang kuat untuk membersihkan kotoran membandel.

Baca juga: Cara Bersihkan Lampu Mobil agar Tak Buram saat Hujan

Caranya dengan basahkan kaca lalu olesan pasta gigi secara menyeluruh pada kaca. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air lalu keringkan dengan menggunakan kain lembut.

3. Bersihkan dengan menggunakan alkohol

Bahan kimia seperti alkohol ternyata dapat dihilangkan dengan mudah loh. Mekanisme caranya dengan mencelupkan kapas ke alkohol dengan kandungan 60% lalu gosokan pada kaca mobil yang terkena jamur.

Gosok secara perlahan hingga terlihat hasilnya. Lakukan kembali hingga noda jamur pada kaca hilang.

4. Gunakan soda

Soda sejatinya dapat memberisihkan noda jamur pada kendaraan mobil Anda. Hal itu dikarenakan kandungan pada zoda mampu untuk membersihkan noda yang sulit. Cara nya dengan basahi kain pada soda kemudian gosokan pada kaca yang berjamur hingga bersih. Lakukan pembersihan ulang sampai bersih.

ilustrasi 

5. Bisa pakai air tembakau

Tahukah Anda bahwa tembakau pada rokok dapat membersihkan noda jamur pada mobil. Mekanisme penggunaanya dengan merendamkan tembakau rokok Anda pada air. Lalu kemudian gosokan pada kaca yang berjamur. Selanjutnya bersihkan dengan air dan lap kain bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini