Buka GIIAS 2021, Menko Airlangga Berharap Penjualan Mobil Baru Tembus 850 Ribu

Antara, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 52 2500130 buka-giias-2021-menko-airlangga-berharap-penjualan-mobil-baru-tembus-850-ribu-dsez5pvENl.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Okezone.com/Arif)

MENTERI Koordinator Bidang Perekenomian Airlangga Hartanto resmi membuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021 yang dihelat di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/11/2021).

Pembukaan tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Airlangga yang didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, dan Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo Rizwan Alamsjah.

Baca juga:  Menko Airlangga Hartarto Resmi Buka Pameran Otomotif GIIAS 2021

"Kami ucapkan selamat kepada GIIAS dan Menteri Perindustrian untuk pengembangan sektor otomotif di Indonesia. Tadi bapak Presiden juga menitipkan pesan selamat atas GIIAS ini yang biasanya terus mendorong bergeraknya industri otomotif di Indonesia," kata Airlangga dalam sambutannya.

Airlangga mengapresiasi capaian positif yang diraih industri otomotif Tanah Air. Diketahui, berdasarkan data Gaikindo, angka penjualan mobil baru secara wholesale periode Januari-September telah mencapai 628 ribu unit.

 Ilustrasi

Dia berharap angka tersebut dapat semakin meningkat hingga mencapai 850 ribu unit pada akhir tahun ini.

Airlangga juga mengatakan bahwa pemerintah terus berkontribusi dalam memulihkan sektor otomotif, salah satunya melalui kebijakan pemberian insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM-DTP).

Baca juga:  GIIAS 2021 Resmi Dibuka Hari Ini, Cek Harga dan Cara Beli Tiketnya

Dia menyebut bahwa pemerintah telah menganggarkan Rp2,99 triliun untuk PPnBM DTP, di mana valuasinya telah mencapai Rp1,73 triliun. "Dan ini dinikmati oleh enam pabrikan," kata dia.

Lebih lanjut Airlangga juga mengatakan bahwa pemerintah mendukung pengembangan mobil listrik dengan pemberlakuan penghitungan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berdasarkan emisi, yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2019 tentang kendaraan kena PPnBM yang sudah diundangkan pada 16 Oktober 2021 dan berlaku dua tahun kemudian.

Airlangga berharap ajang pameran GIIAS 2021 dapat mendorong kebangkitan industri otomotif Tanah Air, mengingat sektor ini memiliki multiplayer effect yang tinggi.

"Saya melihat ada beberapa launching kendaraan bermotor baru di arena GIIAS ini dan ada juga beberapa kendaraan bermotor battery vehicle yang diharapkan bisa membuat ekosistem supply chain dari pada electric vehicle," kata Airlangga.

Sementara itu, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan pihaknya, didukung oleh pemerintah, agen pemegang merek, dan prinsipal merek akan terus mendorong perbaikan pencapaian industri otomotif Indonesia, salah satunya melalui gelaran GIIAS.

 

Pada GIIAS tahun ini, kata dia, akan dihadirkan berbagai teknologi dan produk terbaru hasil industri otomotif, termasuk kendaraan berbasis listrik, yang mencerminkan komitmen industri otomotif tentang pentingnya menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

"GIIAS akan menjadi simbol semangat industri otomotif Indonesia dalam mengatasi pandemi, sebuah tonggak positif bagi pertumbuhan industri bangsa Indonesia. GIIAS merupakan kebanggan bangsa dan mencerminkan upaya Gaikindo untuk terus mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia," ucap Nangoi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini