Kenali Highway Hypnosis, Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol yang Lurus

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Senin 15 November 2021 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 87 2501890 kenali-highway-hypnosis-penyebab-kecelakaan-di-jalan-tol-yang-lurus-lSRVGCq32C.jpg Ilustrasi nyetir mobil (dok. Freepik)

JAKARTA - Sindrom highway hypnosis kerap kali menghampiri pengendara dan bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Highway hypnosis merupakan kondisi pengendara mengalami pikiran kosong saat mengemudikan mobil di jalan bebas hambatan.

Apabila kondisi ini dibiarkan maka bisa membuat pengendara mengalami microsleep alias tertidur dalam durasi singkat.

Melansir Health Line pada Senin (15/11), highway hypnosis bisa terjadi akibat kelelahan atau disebut Auto Behaviour Syndrome (ABS).

Baca Juga:

Berdiri 5 Jam Sehari, Segini Lho Gaji SPG Cantik GIIAS 2021

Daftar 5 Mobil LCGC yang Hadir di GIIAS 2021, Harganya di Bawah 200 Juta

Berdasarkan penelitan tahun 2003 memperlihatkan, pengendara yang mengemudi di jalan yang lurus dengan pemandangan yang sama membuat orang tersebut cenderung kelelahan.

Kelelahan pengendara memuncak setelah kira-kira 20 menit mengemudi di jalan tersebut. Hal ini menunjukkan highway hypnosis terjadi begitu cepat.

Mengutip Thoughtco.com, pengendara bisa mencegah terjadinya sindrom highway hypnosis, yakni mendengarkan lagu dan bernyanyi agar tetap terjaga. Lebih baik lagi jika ada orang lain untuk diajak mengobrol atau berbincang.

Selain itu, pengendara bisa mengatur posisi duduk berulang kali. Tak hanya untuk menjaga tetap terjaga, hal ini pun dapat membuat badan tidak kaku akibat mengemudi terlalu lama.

Jika hal tersebut tak terlalu berhasil, pengendara wajib menepi dan beristirahat sejenak untuk menyegarkan mata dan pikiran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini