Modifikasi Mobil Jadi Campervan, Jangan Lupakan 3 Peranti Keselamatan Ini

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 22 November 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 312 2505566 modifikasi-mobil-jadi-campervan-jangan-lupakan-3-peranti-keselamatan-ini-tEy1HDdh9y.jpg Ilustrasi mobil campervan (Freepik)

MEMODIFIKASI kendaraan tak boleh sembarangan, terlebih jika ingin mengubah tampilan mobil menjadi campervan. Ada unsur keselamatan yang wajib dipatuhi dan realiasikan.

RE selaku Sekretaris Campervan Indonesia menjelaskan bahwa terdapat tips-tips yang harus diperhatikan ketika ingin mengubah tampilan mobil seperti camper van, berikut tipsnya:

1. Sematkan sabuk keselamatan

Komponen ini merupakan peranti keselamatan yang harus ada di mobil. Pasalnya ini akan membantu meminimalisir terjadi korban jiwa meninggal akibat kecelakaan.

Baca juga: Ini Dia Mobil Konsep Perkemahan Terbaru, Cocok Buat yang Hobi Solo Traveling

Pertama sabuk pengalam harus ada ya disetiap kursi sebagai keselamtan selama melakukan perjalanan pastinya.

2. Harus tersedia APAR

Alat keselamatan ini juga harus diterapkan ke semua mobil, terlebih mobil modifikasi . Pasalnya hal ini sebagai langkah pencegahan kebakaran pada sebuah kendaraan. Seperti konsleting kabel, arus pendek listrik.

Peranti ini sangat penting digunakan untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai langkah juga untuk meminimalisir api yang besar dan merembet keseluruh unit mobil.

3. Pasang perangkat yang aman dan lakukan pola yang tepat

Ini merupakan tips yang sering kali dilupakan bagi sebagian orang. Pasalnya gas dapat mengundang api yang sifatnya berbahaya dan dapat dengan mudah meluap dengan cepat. Maka dari iu ini merupakan tips yang sangat penting.

Baca juga: Mau Modifikasi Mobil Toyota Limo Bekas Taksi? Ini Kisaran Biaya Dibutuhkan

Ketika ingin melakukan perjalanan baiknya peralatan seperti kompor dan gas cabut terlebih dahulu. Hal ini akan mengurangi risiko kebocoran gas akibat letak gas yang akan terguncang bila mobil dalam keadaan berjalan, terlebih saat melawati kondisi jalan yang tidak rata.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini