Viral Mobil Tertusuk Pagar Pembatas Jalan, Yuk Kenali Pentingnya Crash Cushion di Jalan Tol

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 52 2506083 viral-mobil-tertusuk-pagar-pembatas-jalan-yuk-kenali-pentingnya-crash-cushion-di-jalan-tol-MKpQJZdrJ3.jpg Kecelakaan mobil di Aceh Besar (dok Antaranews)

JAKARTA - Viral potret di media sosial memperlihatkan mobil jenis city car menabrak pagar besi pembatas jalan hingga mobil tertusuk seperti disate.

Kejadian nahas ini terjadi di Desa Layeun, Kecamatan Leuping, Aceh Besar pada pukul 12.30 WIB, Minggu (21/11/2021).

Dugaan penyebab kecelakaan yakni pengemudi yang mengantuk. Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone, kecelakaan yang membuat kendaraan dalam posisi tertusuk pagar ini terjadi karena belum adanya keberadaan crash cushion atau peredam tumbuk di tiap ujung pagar pembatas.

Crash cushion ini berupa perangkat tumpul yang diberi warna kuning terang.

Baca Juga:

Honda Brio Tertusuk Besi Pembatas Jalan Tembus dari Depan ke Belakang di Aceh

Tips Siasati Blind Spot saat Berkendara

Dilansir dari Instagram Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), crash cushion memiliki peran penting dalam mengurangi fatalitas kecelakaan.

"Crash cushion mengurangi fatalitas kecelakaan kendaraan yang menabrak ujung pagar pengaman jalan. Crash cushion efektif dipasang di jalan tol, banyak kendaraan dengan kecepatan tinggi dan tingkat risko kecelakaan tabrak pembatas yang besar," tulis Kementerian PUPR.

Melalui video simulasi yang diunggah Kementerian PUPR, jika menabrak crash cushion, maka mobil tidak tertusuk ujung besi pembatas jalan. Dalam simulasi tersebut, tampak mobil tidak sampai tertusuk besi pembatas jalan.

Saat ini beberapa ruas tol yang sudah dipasangi perangkat ini antara lain Tol Solo-Ngawi, Tol Semarang-Solo, Tol Batang-Semarang, dan Tol AP Pettarani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini