Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Honda Kembangkan Teknologi Canggih

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 29 November 2021 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 52 2509164 cegah-kecelakaan-lalu-lintas-honda-kembangkan-teknologi-canggih-9mqlZxtQzA.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

JAKARTA -  Perusahaan Honda Motor akan mengembangkan teknologi canggih untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Melansir Hindustan Times pada Senin (29/11/2021), Honda melibatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk memperingatkan pengemudi akan bahaya lalu lintas dan kecelakaan yang disebabkan kesalahan manusia.

Selain itu, Honda juga telah menggunakan teknologi fMRI untuk mempelajari otak pengemudi dan menganalisis perilaku pengambilan risiko.

"Kami berusaha untuk sepenuhnya menghilangkan risiko mobilitas bagi semua orang yang berbagi jalan, Honda akan menawarkan keselamatan setiap pengguna jalan," ujar Keiji Ohtsu, Presiden dan Direktur Perwakilan Honda R&D.

Melalui itu, pihak perusahaan membuat dan sedang mengembangkan teknologi bernama “Intelligent Driver-Assistive Technology” yang menggunakan sensor dan kamera sistem bantuan pengemudi (ADAS) canggih untuk memantau jalan dan pengemudi.

Teknologi itu juga disinyalir dapat mendeteksi risiko mengemudi dan menentukan perilaku mengemudi yang optimal secara real-time.

Perusahaan berharap teknologi ini sangat membantu untuk mengurangi kesalahan manusia dalam mengemudi, yang merupakan 90 persen dari tabrakan lalu lintas.

Untuk lebih memahami kondisi jalan, Honda juga akan berinvestasi pada teknologi V2X yang menghubungkan kendaraan dengan pengguna jalan lain melalui jaringan komunikasi. Mekanismenya terhubung menggunakan informasi dari kamera pinggir jalan, kamera onboard kendaraan lain, dan smartphone, data dapat dikumpulkan untuk menawarkan informasi kepada pengemudi tentang lingkungan lalu lintas mereka.

Pembuat mobil berencana untuk menggunakan AI untuk mensimulasikan perilaku pengguna jalan yang berisiko tinggi tabrakan dan mengambil tindakan untuk mendukung pengemudi dengan informasi untuk membantu menghindari risiko.

Teknologi ini, Honda memprediksi, akan bisa digunakan pada tahun 2030-an, tetapi akan menghabiskan paruh pertama dekade ini untuk mengembangkannya.

“Untuk mewujudkan masyarakat bebas tabrakan di mana semua pengguna jalan saling peduli dan kebebasan mobilitas menjadi mungkin, kami akan lebih mempercepat inisiatif kami," terang Ohtsu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini