Share

Viral Mobil Hangus Terbakar di Tol Wiyoto Wiyono, Kenali 5 Hal Penyebabnya

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 52 2509439 viral-mobil-hangus-terbakar-di-tol-wiyoto-wiyono-kenali-5-hal-penyebabnya-2E4kjVVgyH.jpg Mobil hangus terbakar di Tol Wiyoto Wiyono (dok Instagram @damkarjakartatimur)

JAKARTA - Viral sebuah video memperlihatkan mobil terbakar di jalan Tol Wiyoto Wiyono, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur.

Melansir laman Instagram @damkarjakartatimur, dugaan penyebab kebakaran mobil itu disebabkan korsleting listrik pada mesin.

"Indikator engine system menyala dan tiba-tiba keluar api dari bagian kap mobil. Api lalu menyebar," terang pihak Damkar.

Atas peristiwa ini, dua unit mobil pemadam dan 10 personel dikerahkan.

Adapun Kasi Operasional Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, minibus Suzuki XL 7 dengan nomor polisi B 2683 itu dikendarai Hidayatullah.

Mobil tersebut terbakar sekitar pukul 10.11 WIB, Senin 29 November 2021.

Beruntung dalam insiden itu Hidayatullah berhasil menyelamatkan diri.

"Jiwa terselamatkan 1 orang. Pemadaman selesai pukul 10.30 WIB. Akibat insiden itu, diperkirakan total kerugian mencapai Rp250 juta," tuturnya.

Berkaca dari peristiwa mobil terbakar, sebaiknya kita mengetahui beragam penyebab mobil terbakar saat dikemudikan.

Melansir laman Daihatsu pada Selasa (30/11/2021), berikut beberapa penyebabnya:

1. Mesin mobil terlalu panas

Mesin yang bekerja terlalu keras juga dapat menyebabkan kendaraan terbakar. Pasalnya, kondisi mesin yang memanas dapat meningkatkan suhu pada oli yang akhirnya menyebabkan kebocoran dan memicu api.

2. Oli atau bahan bakar bocor

Saat mobil digunakan, bagian ruang penyimpanan oli dan bahan bakar bisa mudah memanas. Selain itu, cairan pendingin mobil, power steering dan transmisi bisa menjadi salah satu pemicunya. Pemasangan tutup oli yang kurang rapat biisa membuat cipratannya menetes ke knalpot dan berubah menjadi api. Untuk itu, disarankan agar melakukan perawatan rutin sirkulasi oli dan bahan bakar.

3. Aliran listrik rusak

Sistem kelistrikan mobil tersebar hampir ke seluruh mobil, untuk jika satu bagian listrik mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan kebakaran mobil.

4. Perawatan minim

Jika mobil digunakan terus menerus maka sebaiknya pemilik merawat mobil agar kondisinya tetap prima.

5. Cacat kendaraan

Desain kendaraan yang catat bisa jadi menyebabkan kebakaran mobil dan bisa menganggu kenyamanan pengemudi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini