Omicron Merebak, Ini 5 Cara Sederhana Membersihkan Mobil dari Virus

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 52 2510169 omicron-merebak-ini-5-cara-sederhana-membersihkan-mobil-dari-virus-SIF2o3UeGa.jpg ilustrasi (stutterstock)

VARIAN baru virus corona yang bermutasi sangat cepat telah ditemukan. Varian yang diberi nama Omicron itu pertama kali teridentifikasi di Afrika Selatan dan kini keberadaannya sudah terdeteksi di beberapa negara, terbaru ada di Inggris.

Untuk itu perlu dicatat bahwa Corona belum sepenuhnya hilang. Anda masih tetap harus menjaga protokol kesehatan dan kebersihan barang di sekitar.

 Baca juga: 5 Bagian Mobil yang Rentan Terpapar COVID-19, Bersihkan Secara Rutin!

Salah satu benda yang tak kalah penting dijaga kebersihannya adalah mobil. Sebab bukan tidak mungkin virus akan menyebar dan bersarang di mobil.

Untuk itu perlu ketahui cara membersihkan mobil untuk mencegah virus agar tak menempel baik di interior maupun eksterior mobil. Apa saja? Dikutip dari laman Auto2000, Rabu (1/12/2021), berikut selengkapnya.

1. Gunakan Sabun

Untuk membersihkan bagian eksterior mobil, Anda tetap dapat menggunakan sabun pembersih yang biasa digunakan.

 ilustrasi

Sebaiknya jangan menggunakan cairan sabun sembarangan karena dapat berisiko merusak permukaan bodi mobil. Jadi, hati-hatilah dalam pemilihan sabun pembersih mobil.

2. Gunakan Cairan Disinfektan

Berpindah ke sisi interior, pastikan bahwa seluruh bagian mobil yang kerap tersentuh tangan dibersihkan dengan cairan disinfektan.

 Baca juga: Mobil Kena Debu Erupsi Gunung Tangkuban Perahu, Begini Cara Membersihkannya

Beberapa bagian mobil tersebut mencakup, setir, kunci, spion, tombol-tombol kontrol audio & AC, serta bagian lainnya.

Jika Anda tidak yakin dengan cairan disinfektan yang digunakan, coba pilih produk tisu saja.

Jangan gunakan produk pembersih berbasi amoniak pada layar sentuh mobil karena mampu menurunkan lapisan anti-silau pada layar.

3. Gunakan Pembersih yang Benar

Kemudian Anda bisa berpindah ke bagian jok, karpet, hingga atap kabin mobil. Bersihkan bagian-bagian tersebut dengan pembersih yang benar.

Gunakan produk yang memang diperuntukan untuk jok dan karpet mobil agar tidak ada masalah berarti. Proses pembersihan juga lebih aman tanpa ada risiko lanjutan.

4. Pakai Sarung Tangan

Ingat, dalam proses pembersihan ini, Anda harus menggunakan sarung tangan sekali pakai.

Selain untuk mencegah kontaminasi kulit dengan cairan pembersih, sarung tangan juga berguna sebagai pencegahan paparan virus dan kuman secara langsung.

 ilustrasi

Tangan Anda dapat tetap bersih selama proses pembersihan seluruh bagian mobil.

5. Cuci Tangan Setelah Membersihkan Mobil

Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah membersihkan mobil. Cuci tangan Anda di air mengalir selama 20 detik dengan sabun.

Jangan lupa juga untuk kembali menggunakan hand sanitizer jika memang Anda ingin meneruskan aktivitas lainnya, khususnya yang ada di luar rumah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini