5 Cara Memilih Asuransi Mobil yang Tepat, Jangan Sampai Keliru

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 87 2510180 5-cara-memilih-asuransi-mobil-yang-tepat-jangan-sampai-keliru-gKz4iUhbT0.jpg Ilustrasi (Foto Cekaja)

KENDARAAN khususnya mobil merupakan benda yang memiliki nilai cukup tinggi. Hal ini tentu menjadi sebuah pertimbangan tersendiri bagi Anda untuk merawat dan melindunginya dengan sebaik-baiknya.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi mobil tersebut adalah dengan cara membeli asuransi kendaraan.

Namun saat membeli asuransi, sebaiknya dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar premi.

Baca juga:  Ini Waktu yang Tepat Tune Up Mobil Agar Performanya Tetap Prima

Jika pembelian asuransi mobil dilakukan secara gegabah, akan membuat berat ketika harus membayar premi rutin.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (1/12/2021), berikut ini cara memilih asuransi mobil yang paling tepat sesuai kebutuhan :

1. Lakukan survei

Langkah pertama, pastikan untuk melakukan survei perusahaan asuransi terlebih dahulu. Biasanya perusahaan asuransi terbaik memiliki jumlah nasabah yang melimpah, dan platform online-nya pasti digunakan oleh banyak orang.

 

Selain itu, perusahaan asuransi terbaik pastinya memiliki koleksi produk yang paling berkualitas pula. Cermati berbagai produk asuransi yang mereka tawarkan, serta bandingkan dengan perusahaan asuransi lain.

2. Pilih produk yang sesuai

Pilihlah produk asuransi mobil paling tepat dan paling sesuai dengan kebutuhan. Anda bebas memilih jenis asuransi yang ingin dibeli, entah itu adalah asuransi All Risk atau Total Loss Only (TLO).

Baca juga:  Cara Agar Klaim Mobil Kebanjiran Tak Ditolak Asuransi

Perusahaan asuransi yang menawarkan sistem All Risk akan menawarkan ganti rugi kendaraan mobil dengan segala jenis resiko dan kerusakan. Sedangkan asuransi TLO menggunakan sistem penggantian dana pada pemilik kendaraan dengan tingkat kerusakan di atas 75%.

3. Perhatikan kontrak kerjasama

Selanjutnya, pastikan untuk memperhatikan dengan kontrak kerjasama yang diberikan. Karena sekali menandatangani dokumen tersebut, maka proses pembayaran premi dan klaim asuransi akan berjalan mutlak seperti yang tertera pada kontrak.

4. Memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas

Pastikan juga perusahaan asuransi yang akan dipilih memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas serta memiliki kualitas dan terlisensi yang baik.

Dengan memiliki jaringan bengkel yang luas maka Anda mempunyai pilihan yang lebih banyak untuk menentukan bengkel tempat mobil diperbaiki. Misalnya, lokasi mudah dijangkau, bengkel berlisensi dan memiliki standar perawatan dan suku cadang yang tinggi serta sesuai dengan jenis kendaraan.

 ilustrasi

5. Memberikan akses pelayanan yang lengkap

Akses pelayanan merupakan salah satu faktor penting yang harus menjadi pertimbangan saat memilih asuransi mobil.

Misalnya, apakah perusahaan asuransi memiliki akses yang mudah dihubungi terutama saat keadaan darurat. Jadi saat membutuhkan informasi kita dapat dengan mudah menghubungi perusahaan asuransi. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki call center 24 jam.

Selain itu perusahaan asuransi kini juga banyak yang memberikan layanan keselamatan darurat di jalan raya, layanan derek gratis, dan lain sebagainya.

Tapi yang terpenting adalah pilih perusahaan asuransi yang memberikan kemudahan layanan ketika Anda akan mengajukan klaim.

Banyak perusahaan asuransi yang kini bisa memproses klaim dalam satu hari sebelum kendaraan direferensikan ke bengkel rekanan yang kita pilih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini